Bersama Para Penghayat Kepercayaan, Patemo Gelar Peringatan 1 Suro

Loading

BANYUWANGI – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banyuwangi, Patemo, menggelar peringatan 1 Suro, pada malam Jumat pon atau Kamis (20/7/2023) malam, di Dusun Plaosan, Desa Tempurejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Sesuai tradisi Jawa atau pakem Jawa, pada malam Jum’at pon tersebut, para Penghayat Kepercayaan melakukan penghayatan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Patemo bersama para penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Esa, yang tergabung dalam Paguyuban Eklasing Budi Murko (PEBM) se-Kabupaten Banyuwangi, secara serentak menggelar ‘Kawilujengan’ atau gelar keselamatan.

“Dalam peringatan satu Suro ini kami mengasah diri pribadi dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan acara Jumat pon ini diikuti oleh kurang lebih 350 kepala keluarga,” ujar Patemo.

Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah penganut kepercayaan yang menghayati kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa atau orang yang melaksanakan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan kesadaaran jiwa dan rohani.

Menurut Patemo, kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai unsur budaya spiritual bangsa yang sarat dengan ajaran nilai-nilai luhur.

“Karena itu perlu dikembangkan dan dilestarikan karena dapat dijadikan modal pembentukan karakter dan pekerti bangsa,” tuturnya. (aras/set)