Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Soco, Ketua DPRD Magetan Bacakan Ikrar

 272 pembaca

MAGETAN – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Magetan dan sejumlah elemen masyarakat melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Acara dilaksanakan di Monumen Soco, Desa Soco, Kecamatan Bendo, Sabtu (1/10/2022). Monumen ini sebagai penanda sejarah, bekas sumur tempat pembuangan korban pembantaian PKI di Madiun.

Pada upacara bendera tersebut, Ketua DPRD Magetan Sujatno didaulat membacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Acara peringatan diawali dengan peletakan karangan bunga dan doa kepada para pahlawan.

“Peringatan ini untuk mengenang sejarah mempertahankan ideologi bangsa, Pancasila. Selain itu, sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi,” ujar Sujatno usai upacara.

Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan ini menambahkan, peringatan diharapkan menjadi pembelajaran sejarah bagi kaum muda.

Khususnya untuk lebih memahami dan mengkristalisasi nilai-nilai luhur Pancasila ke dalam perbuatan dan kehidupan keseharian berbangsa dan bernegara.

“Generasi muda harus mampu  mengaktualisasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam perannya sebagai generasi pemimpin potensial di masa yang akan datang,” katanya. (rud/hs)