Peringatan Hari Jadi ke-77, Untari: Provinsi Jatim Punya DNA Semangat Kebangkitan Luar Biasa

Loading

SURABAYA – Hari ini, Rabu (12/10/2022), Provinsi Jawa Timur merayakan hari jadi ke-77 tahun. Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan, seiring bertambahnya usia, harus menjadi tonggak sejarah baru bagi Provinsi Jatim untuk meningkatkan lebih kesejahteraan masyarakatnya.

Untari menyatakan, Provinsi Jawa Timur memiliki modal dan dukungan kuat baik dari masyarakat maupun stakeholder yang ada untuk mewujudkan tagline ‘Optimis Jatim Bangkit’.

“Kita masih punya PR terkait dengan kemiskinan ekstrem, hanya banyak proses pembangunan yang bisa kita lihat. Juga kekompakan antara kabupaten/kota bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan stimulus, sehingga Jawa Timur bisa menjadi provinsi yang kuat di dalam pemulihan kembali pasca Covid-19,” ungkap Sri Untari di Surabaya, Rabu.

Dia menilai masyarakat Jawa Timur memiliki tingkat kekompakan, toleransi, dan kesalehan penduduk yang cukup tinggi. Hal ini, menurutnya, dapat menjadi instrumen yang bisa menstimulus upaya-upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah sehingga mendapatkan capaian optimal.

“Gubernur juga menyampaikan tentang IKI (Inisiasi, kolaborasi, dan inovasi) ini satu hal yang progresif. Karena kita bisa menjawab berbagai tantangan di depan mata dengan melalui nisiasi, kolaborasi, dan inovasi,” ujarnya.

Melalui konsep IKI ini, Untari berharap agar Jawa Timur dapat semakin matang dalam memberikan, mengakomodasi, melayani, dan memfasilitasi masyarakatnya untuk bisa bergerak bangkit bersama.

Terlebih, semangat inisiasi, kolaborasi, dan inovasi ini telah menjadi budaya yang mendarah daging di Jawa Timur sejak dulu. Sejarah mencatatkan, Jawa Timur sebagai episentrum dari setiap peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di republik ini, baik semasa zaman kerajaan, hingga kemerdekaan.

Dimulai dari masa Majapahit, kemudian pra-kemerdekaan dengan lahirnya organisasi kebangsaan Boedi Oetomo, hingga lahirnya tokoh-tokoh besar seperti Bung Karno, Bung Tomo, Kyai Hasyim Asy’ari, dan banyak pejuang yang memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Maka Jawa Timur memiliki DNA semangat kebangkitan yang sangat luar biasa. Terbukti di era pandemi kita tidak terlalu lama untuk bangkit kembali. Melihat segala sesuatu dengan keutuhan, kekuatan, dan tekad kita bersama-sama,” jelas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tersebut.

Mengutip filosofi Jawa, ‘Jer Basuki Mawa Beya’, Untari menegaskan bahwa untuk selamat, berhasil dan bahagia, membutuhkan pengorbanan serta kerja keras.

Maka dalam HUT Jatim ke-77 ini dia minta seluruh stakeholder untuk merefleksikan makna filosofis itu dalam kerja-kerja nyatanya di tengah masyarakat.

“Sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jatim, saya mengucapkan selamat hari jadi Jawa Timur ke-77. Optimis Jawa Timur, bangkit jayalah Jawa Timur-ku, Bumi Majapahit ini, agar terus ke depan menjadi provinsi terkuat di Bumi Nusantara,” pungkasnya. (ace/pr)