oleh

Pemkot Bakal Genjot SDM Pelajar SMK Surabaya

pdip-jatim-risma-lambaikan-tanganSURABAYA – Komitmen tinggi untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pelajar di Kota Pahlawan kembali ditunjukkan Wali Kota Tri Rismaharini. Wali kota dari PDI Perjuangan ini bakal menggenjot SDM pelajar SMK.

Tri Rismaharini menuturkan, begitu gugatan tentang pengalihan wewenang penyelenggaraan pendidikan kepada pemerintah provinsi dalam UU No 23/2014 di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai, pihaknya akan langsung mengelola sendiri SMA-SMK.

Untuk itu, dia sudah berbicara langsung dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya M Ikhsan.

Menurut Risma, rencana pengambilalihan pengelolaan ini bukan tanpa alasan. Khususnya untuk SMK, Wali kota dari PDI Perjuangan ini menilai, siswa SMK merupakan ladang bagi anak didik yang ada di Surabaya.

“Kita tekankan ke siswa SMK, karena itu ladang bagi anak duduk kita,” jelas Risma, Senin (27/6/2016).

Terkait peningkatan SDM siswa SMK, Risma juga telah berbicara dengan Wakil Menteri Perdagangan Jerman. Dia bersyukur Wakil Menteri Perdagangan Jerman menyatakan siap membantu meningkatkan SDM siswa SMK yang ada di Surabaya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia membuka program beasiswa pendidikan Aircraft, Structure and Technician. Program ini dikhususkan bagi warga Surabaya dari keluarga miskin dalam rentang usia 18-21 tahun serta belum menikah.

Sedangkan persyaratan lain, di antaranya, siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA atau siswa SMK jurusan teknik. Nilai rata-rata ujian (UAN+UAS) di atas 7, dengan ketentuan bahasa Inggris, matematika, dan fisika di atas 7.

Selain syarat akademis, calon penerima beasiswa GMF Aero Asia harus memenuhi kriteria fisik bertinggi badan minimal 165 cm untuk pria, dan minimal 160 cm untuk wanita. Peserta harus dinyatakan sehat jasmani, tidak buta warna dan tidak berkacamata. (goek)