oleh

Dukungan Gus se-Jatim akan Pertebal Kemenangan No 2

-Berita Terkini-16 kali dibaca

SURABAYA – Deklarasi dukungan para gus (sebutan untuk putra kiai) se-Jawa Timur kepada pasangan Cagub-cawagub nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno diapresiasi dan disambut rasa syukur oleh Puti.

Cucu Presiden pertama RI Soekarno tersebut optimistis, dukungan gus-gus tergabung dalam Gawagis Jatim itu akan mempertebal kemenangan di Pilkada Jatim 2018.

“Kami bersyukur dukungan terus bertambah. Deklarasi Gawagis ini merupakan satu bukti penguatan dari mereka yang ingin membantu pemenangan saya bersama Gus Ipul,” kata Puti Guntur, Senin (4/6/2018).

Deklarasi Gawagis Jatim dihadiri Puti Guntur berlangsung di Hotel Mercure Surabaya, Minggu. Gus-gus dari 40 pondok pesantren ini sepakat mengawal fatwa para kiai di Jatim untuk memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti dalam Pilkada Jatim 27 Juni depan.

Terpenting lagi, sebut Puti, adalah kehadiran masyarakat di tempat pemungutan suara (TPS). Sebab, makin banyak masyarakat yang berbondong ke TPS dan mencoblos akan menguntungkan Gus Ipul-Puti untuk mendongkrak suara.

“Tidak ada artinya kampanye 4 bulan kalau masyarakat tidak hadir di TPS. Tanpa dukungan ulama, santri, tokoh agama dan masyarakat, kami ini tidak ada artinya. Jadi, tolong tularkan semoga tanggal 27 Juni teman sekasur, sedapur dan sesumur coblos nomor 2,” ujarnya.

Koordinator Gawagis Jatim, Gus Maksum Faqih di sela acara mengatakan, deklarasi pada bulan suci Ramadan ini, untuk lebih memantapkan lagi dukungan kepada Gus Ipul-Mbak Puti untuk membawa perubahan Jatim yang lebih baik lagi. Dalam arti meneruskan yang sudah baik.

“Kita menampakkan lagi. Kita lebih solid lagi dalam mengawal dawuh para kiai untuk memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti,” ujar Gus Maksum.

Selain itu, gus-gus ini sudah melakukan pemantapan dan sosialisasi. “Kita sudah melakukan pemantapan kepada semua santri-santri dari kiai dan juga simpatisan muhibin dan masyarakat pada umumnya. Kita juga sudah melakukan ikhtiar dhohir dan batin,” tambah dia.

Gus Maksum juga kembali menegaskan kenapa Gawagis Jatim lebih memilih melakukan dukungan kepada pasangan Gus Ipul-Mbak Puti. Sebab, mereka ingin mengawal dawuh para kiai sepuh.

“Kami sebagai santri-santri. Kami sebagai putra putri kiai harus tawadhu dan takdim kepada para kiai. Dengan begitu suara kita menjadi suara yang berkah,” tuturnya.

Hadir dalam acara ini Gus Toif Zainudin dari Ponpes Alfalah Ploso Mojo Kediri, Gus Adib Anwar dari Lirboyo, Kediri; Gus Khalil Nawawi dari Sidogiri; Gus Zaki Hadziq, Ponorogo Tebuireng, Jombang; Gus Ahmad Fahrur Rozi dari Malang serta sejumlah gus dari Ikatan Gus-Gus Indonesia (IGGI).

Sementara itu Ketua IGGI Gus Fahrur memandang Gus Ipul masih pilihan terbaik karena telah terbukti berpengalaman menjadi wagub dua periode, berlatar belakang pesantren dan kader NU tulen.

“Selama ini komitmen Gus Ipul kepada pendidikan masih dan pesantren telah nyata bermanfaat, dan didukung jumhur ulama sepuh rujukan yang tidak diragukan lagi kapasitas keilmuannya,” terang Gus Fahrur. (goek)