oleh

Doa dan Harapan Untari atas Musibah Tenggelamnya KRI Nanggala 402

-Kronik-98 kali dibaca

MALANG – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur Dr Sri Untari Bisowarno merasa berduka dengan belum ditemukannya KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali. Dia mendoakan agar 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 itu bisa ditemukan.  

“Kami ikut merasakan duka yang mendalam atas musibah yang dialami KRI Nanggala 402 ini. kami berdoa, semoga para awak KRI Nanggala tetap dalam lindungan Allah, dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan untuk menghadapi insiden ini,” ucap Untari, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Usai Tarawih dan Taddarusan, Bamusi Jatim Doakan Awak KRI Nanggala 402 Selamat

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim ini juga berharap, ke depan TNI terus menyiapkan SDM-SDM yang tangguh dan mumpuni dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia. Dia juga menyebut, tugas yang dijalankan para awak KRI Nanggala 402 itu bukanlah tugas yang ringan.

“Kapal ini sudah malang-melintang di lautan Indonesia, dan tentunya digawangi para awak yang berpengalaman. Kami berharap, ke depan Angkatan Laut Indonesia tetap memiliki SDM-SDM yang tangguh untuk meneruskan jejak dan kiprah KRI Nanggala 402 dalam menjaga kedaulatan laut kita,” ujarnya.

Perempuan yang juga menjabat Ketua Umum Dekopin ini menegaskan, Indonesia sebagai negara maritim sudah seyogianya memiliki kekuatan angkatan laut yang tangguh. Sebagai negara kepulauan, tambahnya, Indonesia harus memastikan kedaulatan lautnya.

“Salah satu kekuatan maritim itu ialah armada kapal selam. Karena itu, marilah kita berdoa, semoga insiden KRI Nanggala 402 ini, menjadi gambaran bagi kita, bahwa kita memang harus banyak memiliki alutsista yang cukup mumpuni dan memadai serta modern, agar kemudian bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada,” harap Untari.

Sebagai bagian Keluarga Besar SMA Taruna Nala, Untari menceritakan, dirinya pernah bertemu dengan salah satu awak kapal KRI Nanggala 402 dalam acara komite sekolah SMA Taruna Nala. Karena itu, dirinya berharap dan berdoa semoga para awak KRI Nanggala tetap dalam lindungan Allah SWT.

“Salah satu awak kapal KRI Nanggala 402 ini adalah wali siswa di SMA Taruna Nala. Saya pernah jadi komite sekolah di SMA Taruna Nala. Kami keluarga besar SMA Taruna Nala menyampaikan duka cita yang mendalam semoga seluruh awak dan komandan kapal KRI Nanggala 402 mendapatkan perlindungan dari Allah,” pungkas Untari. (set/pr)