oleh

“Disiplinlah Kelola Kekuasaan”

pdip-jatim-sekjen-Hasto-di-BatuJAKARTA — Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto minta para kader partainya untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat. Hal tersebut disampaikan Hasto saat membuka Rapat Kerja Daerah PDIP Riau di Pekanbaru, Sabtu (19/3/2016).

“Semua anggota dan kader partai harus menjaga watak dan jati diri partai. Berdisiplinlah dalam mengelola kekuasaan. Jangan korupsi. Jangan salah gunakan kepercayaan rakyat ke PDIP,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/3/2016).

Dalam Rakerda yang dihadiri Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Wali Kota Pekanbaru itu, Hasto menyampaikan keprihatinan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Menurut dia, Presiden kelima RI itu khawatir karena Riau telah penuh dengan lautan tanaman monokultur seperti kelapa sawit.

“Hutan yang mengandung keanekaragaman hayati yang luar biasa harus dilindungi. Rakerda harus menjawab apakah moratorium dalam waktu tertentu diperlukan dalam menjaga agar kelestarian hutan dapat dijaga. Riau sudah terlalu sering menangis dengan peluasan perkebunan sawit dengan berbagai bencana asap,” ucap Hasto.

Karena hal tersebutlah, lanjut Hasto, menjadi relevan untuk menjabarkan Pola Pembangunan Nasional Semesta berencana yang digagas Soekarno dulu. Hasto meminta kepala daerah dari PDI-P maupun kepala daerah lain agar dapat bersinergi baik secara vertikal maupun horizontal untuk mewujudkan Trisakti dengan menaruh perhatian khusus pada aspek kebudayaan dan keberdikarian di bidang ekonomi.

“Tunjukkan kepada rakyat bahwa berpolitik adalah membangun peradaban,” ucap Hasto. (kompas)