oleh

Bupati Nganjuk: Ubah Paradigma Sakit jadi Paradigma Sehat

pdip-jatim-bupati-nganjukNGANJUK – Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrahman minta puskesmas meningkatkan layanan kesehatan bagi warga. Permintaan ini disampaikan Bupati Taufiq, seiring dengan upaya penambahan fasilitas rawat inap puskesmas di Kabupaten Nganjuk.

“Manfaatkan layanan puskesmas ini sebaik-baiknya, demi terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya masyarakat Patianrowo,” kata Taufiq, saat meresmikan Puskesmas Patianrowo di Desa Ngepung, Kecamatan Patianrowo, Kamis (7/1/2015).

Menurut Taufiq, dengan tambahan fasilitas rawat inap ini, diharapkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Nganjuk lebih meningkat. Penambahan fasilitas kesehatan diharapkan dapat lebih menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan setempat ini pun mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan fasilitas kesehatan yang telah tersedia, serta meningkatkan kepedulian terhadap masalah kesehatan.

Dia berharap masyarakat melakukan pola hidup sehat (PHBS). Di antaranya dengan mengubah paradigma sakit yang selama ini tertanam menjadi paradigma sehat.

Cara pandang ini, urainya, menekankan pada melihat masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Upayanya lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan, dan perlindungan kesehatan, bukan hanya penyembuhan orang sakit atau pemulihan kesehatan.

Dengan diterapkannya paradigma ini, jelas dia, diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk bersikap mandiri dalam menjaga kesehatan mereka sendiri, melalui kesadaran yang lebih tinggi pada pentingnya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif .

Sementara itu, Kepala UPTD Peskesmas Patianrowo, Mamik Endang Ekawati, SKM, MPH, mengatakan, pukesmas ini langsung beroperasi melayani masyarakat. “Kita juga akan meningkatkan taraf pelayanan terhadap masyarakat dengan proses akreditasi tahun ini,” ujarnya. (endy)