oleh

Apresiasi Kinerja Jokowi, Hasto: Koneksitas Tol Jawa-Sumatera Bukan Mimpi Lagi

JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengapresiasi capaian kinerja Presiden Joko Widodo di bidang infrastruktur pada masa pandemi Covid-19. 

Apresiasi itu dia sampaikan sebagai respons atas tersambungnya tol sejauh 373 kilometer dari Bakauheni di Lampung hingga Palembang, Sumatera Selatan. 

Pada Selasa (26/1/2021) Jokowi meresmikan ruas Tol Kayu Agung-Palembang sejauh 42,5 kilometer yang menjadi bagian Tol Trans Sumatera. 

“PDI Perjuangan mengapresiasi atas kerja cepat penuh konsistensi pemerintahan Jokowi,” ujar Hasto melalui layanan pesan, Rabu (24/1/2021). 

Hasto mengatakan, Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi saat ini sepanjang 657 kilometer. Di samping itu ada tol sepanjang 608 kilometer yang masih dalam tahap konstruksi, sedangkan 430 kilometer lainnya dalam tahap prakonstruksi. 

“Maka integrasi koneksitas tol Jawa-Sumatera bukan mimpi lagi,” tutur insinyur lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Dia menambahkan, infrastruktur terbukti mampu membangkitkan optimisme dan semangat juang bagi jalan kemajuan Indonesia. “Selamat atas peresmian jalan tol ruas Kaliagung-Palembang,” ucap Hasto.

Penerima sertifikat Insinyur Profesional Utama (IPU) dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) itu menambahkan, upaya mewujudkan keterhubungan pembangunan antarpulau di era Presiden Jokowi makin menjadi kenyataan.

Menurutnya, Presiden Jokowi tidak hanya memperhatikan Sumatera, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan, tetapi juga wilayah perbatasan sebagai halaman depan NKRI. 

“Dalam perspektif ideologis, konsepsi NKRI ditinjau dari kesatupaduan informasi dan transportasi benar-benar akan terbukti. Di bawah Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur mencapai progres tercepat sejak republik ini berdiri,” sebut dia. 

PDI Perjuangan, imbuh Hasto, mengajak seluruh komponen bangsa agar kecepatan pembangunan infrastruktur yang begitu masif ini menjadi energi positif demi memperkuat optimisme bangsa dalam melihat masa depan. 

Dia menyebut, dengan pembangunan infrastruktur, pemerintah daerah memiliki daya akselerasi bagi pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

“Infrastruktur terbukti mampu membangkitkan optimisme dan semangat juang bagi jalan kemajuan Indonesia,” ujarnya. 

Kemarin, Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer. Jokowi mengatakan adanya ruas tol ini akan memperpendek waktu tempuh Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Palembang, Sumatera Selatan yang berjarak 373 kilometer, dari 12 jam menjadi 3,5 jam saja. (goek)

rekening gotong royong