oleh

Tahapan Pemilu Makin Dekat, DPC PDIP Tulungagung Segera Sosialisasikan Hasil Rakernas II

TULUNGAGUNG – DPC PDI Perjuangan Tulungagung segera menyosialisasikan hasil keputusan Rakernas II Partai kepada jajaran struktural partai hingga tingkat paling bawah.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung Wiwik Tri Asmoro mengatakan, sosialisasi itu dinilai penting, agar jajaran struktural partai hingga tingkat bawah siap bergerak melaksanakan hasil-hasil Rakernas II.

“DPC Tulungagung sudah mempersiapkan diri untuk mensosialisasikan hasil rakernas PDI Perjuangan. Titik tekannya bagaimana kita menerjemahkan perintah hasil rakernas dalam rangka persiapan pemenangan Pemilu 2024,” kata Wiwik, di Tulungagung, Kamis (30/6/2022).

Diketahui, salah satu rekomendasi Rakernas II PDI Perjuangan pekan lalu, adalah menetapkan strategi pemenangan Pemilu 2024 dengan semangat gotong royong berbasis teritorial yang bertumpu pada kekuatan mesin partai dengan melibatkan seluas-luasnya petani, buruh, nelayan, pemuda-mahasiswa, perempuan, pemilih milenial dan pemilih pemula.

Menurut Wiwik, dengan konsep gotong royong pemenangan pemilu, semua kader partai harus mengoptimalkan fungsi-fungsinya mulai dari sekarang. Sehingga, ketika tahapan pemilu sudah dimulai PDI Perjuangan Tulungagung sudah siap.

Konsep gotong royong yang diinstruksikan pimpinan pusat Partai, sebut Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDIP Tulungagung ini, tidak boleh diterjemahkan atau diartikan secara sempit. Yakni gotong royong dalam urusan finansial saja.

Tapi konsep gotong royong harus diterjemahkan dalam kerangka lebih luas. “Konsep gotong royong disini juga dalam hal menyumbang tenaga, menyumbang pemikiran dan menyumbang peran pada posisi yang dimiliki saat ini,” jelasnya.

Dalam pembukaan Rakernas II, lanjut dia, Ketua Umum Partai telah menginstruksikan kepada seluruh struktural untuk selalu mengedepankan asas gotong royong.

Menurutnya, instruksi itu harus menjadi pemikiran bersama di jajaran pengurus DPC Tulungagung. Artinya jajaran pengurus DPC harus bisa membagi tugas kepada masing-masing kader, baik yang ada di eksekutif, legislatif maupun di struktural sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya masing-masing.

Sementara itu, hasil Rakernas II terkait pemenangan Pemilu 2024 juga menyebutkan, Partai merekomendasikan penyempurnaan sistem rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Partai.

Penyempurnaan kualitas kader dilakukan melalui seleksi calon berdasarkan psikotes, kaderisasi di Sekolah Partai, dan penugasan kader Partai. Atas dasar hal tersebut, proses penjaringan, penyaringan dan penetapan Daftar Calon Anggota Legislatif di seluruh tingkatan dimulai pada Agustus 2022.

Rakernas II Partai juga menegaskan komitmen seluruh jajaran Dewan Pimpinan Partai untuk terlibat secara aktif mengikuti seluruh ketentuan tahapan Pemilu secara detail dan bersungguh-sungguh, dimulai dari tahap pendaftaran, verifikasi. Dan penetapan partai politik sebagai peserta pemilu hingga pemungutan, penghitungan, rekapitulasi, dan penetapan hasil Pemilu Serentak 2024. (sin/pr)