Serap Aspirasi Masyarakat, Dhito: Pemimpin Harus Sering Turun ke Bawah

KEDIRI – Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono mengaku dapat hikmah setelah beberapa minggu melaksanakan kegiatan kampanye blusukan di beberapa wilayah Kabupaten Kediri.

“Sebenarnya hikmahnya satu, kepala daerah harus sering turun ke bawah. Sudah itu saja,” sebut Dhito, Jumat (30/10/2020).

Hal itu dia ungkapkan di sela blusukan di pasar tradisional Sambi, Kecamatan Ringin Rejo, Kabupaten Kediri.

Baca juga: Dhito: Produk Makanan-minuman Warga Talun Sudah Level Nasional

Menurut Dhito, jika kepala daerah sering turun ke bawah, bisa tahu berbagai persoalan di masyarakat. “Mulai dari persoalan yang tingkat kesulitannya rendah sampai yang kompleksitasnya tinggi,” tambah Dhito.

Seperti blusukan kali ini, Cabup Kediri yang berpasangan dengan Cawabup Dewi Mariya Ulfa ini mendapat keluhan dari para pedagang soal pengolahan sampah pasar.

“Persoalan yang mereka hadapi saat ini adalah pengolahan sampah. Tadi saya tanya, pengolahan sampah yang bagaimana, apakah juga sudah ada tempatnya atau belum,” kata Dhito.

Menurutnya, ternyata ada lokasi sawah yang sudah disediakan. “Artinya nanti perlu dipikirkan bersama secara matang, bagaimana dibuatkan pengolahan sampah di tempat tersebut,” ujarnya.

Dia pun menyebut, tempat pengolahan sampah yang baik, harus dipisahkan antara sampah organik dan non organik. Juga mana sampah yang gampang terurai dan sulit diurai.

“Harus mulai dipisah-pisahkan, tidak bisa dijadikan satu terus dibakar begitu saja nggak bisa,” terang Dhito.

Dito menilai jumlah pedagang yang berjualan di pasar tradisional Sambi, Ringin Rejo sangat banyak. Mereka berjualan secara bergiliran sesuai ketentuan waktu yang telah disepakati.

“Jam 02.00  wib  – 06.00 wib itu ada 600 pedagang, jam 07.00 wib sampai siang ada 250 pedagang, terus sore ada sekitar 100 pedagang.  Artinya jumlah pedagangnya cukup banyak, ” bebernya.

Selain blusukan ke pasar tradisional Sambi, Ringin Rejo, Dhito juga mendatangi desa wisata dan sentra budidaya ikan di Kecamatan Ringin Rejo. (putera)