oleh

Risma-Whisnu Tebar Ribuan Benih Ikan di Kalimas

pdip-jatim-risma-tebar-ikanSURABAYA – Wali Kota Tri Rismaharini, Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana, serta Ketua DPRD Armuji menebarkan sebanyak 10.000 ekor benih ikan di Sungai Kalimas, Sabtu (28/5/2016). Penebaran benih ikan bader, kutuk dan belut itu dilakukan bersama Komunitas Peduli Surabaya Rek Ayo Rek (RAR)

Menurut Risma, Pemkot Surabaya segera merealisasikan Kalimas sebagai pusat wisata air pusat kota dengan menggelar serangkaian kegiatan.  “Sebentar lagi juga ada Festival Kalimas,” kata Risma.

Wali kota dari PDI Perjuangan ini juga sempat melihat aktivitas pengukuran baku air Kalimas dengan pengambilan sampling lumpur serta pelepasan hewan air ke lumpur. Selain itu juga aksi pemungutan sampah di aliran sungai.

Puluhan perahu Korps Marinir ikut mendukung rangkaian kegiatan lingkungan itu, yang menjadi bagian event Balada Kalimas. “Kita sudah keruk Kalimas, selain itu pembersihan dan terus memonitor air buangan industri,” ujarnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) ini akan menguatkan pariwisata di air di Kalimas. “Terkait pariwisata akan kita perbanyak perahu untuk rekreasi,” rincinya.

Dia menyebut ada perusahaan operator seluler yang siap membantu perahu berenergi listrik untuk menguatkan wisata air di Kalimas. “Untuk water front city bukan membuat kota baru. Namun bagaimana kita manfaatkan air sebagai tempat wisata. Seperti di Kenjeran juga menjadi tempat wisata,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Surabaya Armuji yang ikut menebar benih ikan  mengulas sejarah silam Kalimas. Menurutnya, saat masa pemerintahan Kerajaan Ujung Galuh, Kalimas dulu merupakan pusat pelayaran dan rekreasi.

“Melalui kegiatan Balada Kalimas ini, kita ingin masa keemasan, masa kejayaan Kalimas terulang,” harap Armuji.

Pria yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini mengapresiasi pengukuran baku air, penebaran benih ikan serta pembersihan Kalimas.

“Benih ikan ditebar juga untuk mengukur, menguji kualitas air. Kalau beberapa bulan ke depan ikan hidup dan besar, tentunya akan banyak orang mancing,” kata legislator yang juga penasihat RAR ini.

Armuji juga mengapresiasi keberadaan personel Korps Marinir yang ikut mendukung kegiatan Balada Kalimas yang menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-723.

Acara Balada Kalimas yang dimulai kemarin sore, dilanjutkan tampilan band legendaris D’ Gembel’s di arena Skate Board dan BMX di tepian Kalimas, utara Monkasel. Grup musik lawas yang satu ini dikenal lantaran lagu-lagunya dengan syair yang menggambarkan tentang Surabaya. Salah satu hits-nya berjudul Balada Kalimas. (goek)