oleh

Risma Ajak Warga Surabaya Menangkan MEA

pdip-jatim-tri-rismaSURABAYA – Wali Kota Tri Rismaharini mengajak arek-arek Suroboyo mencontoh perjuangan para pahlawan. Ajakan ini dia sampaikan saat memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-723, Selasa (31/5/2016).

“Arek Suroboyo harus memenangkan pertarungan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), atau masuk kembali dalam era penjajahan,” kata Risma, di halaman Balai Kota Surabaya.

Risma mengatakan, Surabaya akan menjadi tuan rumah Komite Persiapan Ketiga (3rd PrepCom) United Nation (UN) Habitat III, Juli mendatang.

Karena itu, dia juga minta masyarakat Surabaya menyambut dengan baik para tamu delegasi dari negara peserta UN Habitat yang diperkirakan lebih dari 6.000 orang.

Wali kota dari PDI Perjuangan ini juga berharap tahun ini warga Surabaya mampu meningkatkan kapasitas sesuai bidangnya masing-masing.

Dia mencontohkan, tukang becak bisa meningkatkan taraf lebih baik lagi. Dia tidak ingin tukang becak menyerah dan pasrah terhadap takdir.

“Kita harus mau dan mampu untuk mengubah kehidupan kita lebih baik di bidang apapun itu,” ucapnya.

Risma juga minta para pelajar Surabaya lebih meningkatkan prestasi, baik menjadi juara kelas atau prestasi bidang lainnya. Warga Kota Pahlawan juga diminta meningkatkan pendapatannya dari usaha di bidang masing-masing.

“Itu yang harus kita mulai dan tidak ada yang tidak mungkin,” ujarnya.

Perayaan hari jadi ke-723 Kota Pahlawan dibuka dengan upacara dan berbagai penampilan dari pelajar Surabaya, serta ditutup dengan pesta rakyat.

Ribuan porsi menu disajikan dalam pesta rakyat itu, mulai soto ayam, gado-gado, hingga beberapa makanan khas.

Rombong pedagang juga diboyong ke Taman Surya sehingga taman yang asri itu mendadak ramai. Warga berbondong-bondong menikmati makanan itu.

Ratusan warga Surabaya tumplek blek ikut memeriahkan pesta rakyat tersebut. Mereka juga dihibur dengan tarian khas Jawa Timur yakni tari Ngremo yang diperagakan 723 pelajar TK maupun SD di Surabaya. (goek)