oleh

Risma Ajak Pengusaha Resto Sukseskan Prepcom III

pdip-jatim-risma-melukis-muralSURABAYA – Wali Kota Tri Rismaharini mengajak kalangan pengelola mal, restoran, dan kafe di Surabaya ikut menyukseskan Konferensi Perkotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Event internasional bertajuk Preparatory Committee (Prepcom) III United Nation (UN) Habitat itu akan digelar di Kota Pahlawan pada akhir Juli 2016.

“Saya tidak akan pernah bosan mengingatkan demi kesuksesan acara ini,” kata Risma kepada para pengelola mal, restoran, dan kafe di Balai Kota Surabaya, Selasa (3/5/3026) kemarin.

Risma minta para pengelola mal, restoran, dan kafe memberikan sambutan yang istimewa kepada para tamu konferensi tersebut. Pasalnya, mereka tidak hanya menggelar meeting, tapi juga akan menginap di hotel-hotel serta berkeliling Surabaya.

Termasuk ke mal-mal, restoran, dan kafe. “Tolong, jangan sampai teledor mempersiapkan ini semuanya,” ucap Risma, kemarin.

Jika Surabaya sukses menyelenggarakan event internasional ini, sebut Risma, tidak menutup kemungkinan akan ada lagi event internasional yang lebih besar dan digelar di Surabaya.

“Saya tidak akan bosan untuk mengingatkan terus demi kesuksesan acara ini. Kita tidak boleh teledor dalam mempersiapkan. Sebab, bila kita sukses, Surabaya akan dipercaya lagi menggelar event internasional yang lebih besar,” tegas dia.

Konferensi yang mengusung tema lingkungan dan permukiman itu akan berlangsung 25-27 Juli 2016. Pesertanya diperkirakan 2.460 orang yang berasal dari 136 negara.

Ketika utusan Prepcom III akan keliling Surabaya, pemerintah kota Surabaya bakal menyediakan kendaraan khusus bagi tiap negara yang disertai liaison officer (LO). “Jadi nanti kalau mereka berkeliling, saya minta tolong security di mal-mal diajarkan untuk lebih peka,” harapnya.

Menurut Risma, para peserta yang hadir dalam acara itu bukan hanya berasal dari perwakilan negara setingkat menteri dan wali kota. Namun ada pula pemerhati perkotaan, lembaga swadaya masyarakat, dan akademisi.

Para peserta akan datang menjelang acara, sehingga mereka dipastikan akan menginap di hotel-hotel di Surabaya. “Sedangkan para panitianya yang dari berasal dari PBB akan datang satu bulan sebelumnya. Sekitar Juni, mereka sudah di Surabaya,” tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Risma juga me-launching website khusus untuk menyukseskan gelaran Prepcom III UN Habitat. Website prepcom3surabaya2016.id. yang ‘memajang’ keindahan Surabaya itu berisi segala pesona Surabaya.

Dari mulai taman-taman kota, bangunan cagar budaya, hingga kuliner Surabaya. Harapannya, website tersebut akan diakses masyarakat global sehingga mendapat informasi menarik tentang Surabaya. (goek)