oleh

Parpol Koalisi Pendukung Jokowi Rapatkan Barisan

JAKARTA – Sekjen partai politik koalisi pengusung Joko Widodo (Jokowi) pada pilpres 2019 bakal mengadakan pertemuan pada Senin (7/5/2018). Pertemuan itu bertujuan untuk membangun persaudaraan dan koordinasi di tahun politik.

“Kami Senin akan mengadakan pertemuan seluruh sekjen dari partai-partai yang mengajukan dukungan, yang sudah mendeklarasikan dukungan kepada Bapak Jokowi,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (4/7/2018).

Menurut Hasto, ada sejumlah topik yang akan dibahas dalam pertemuan sekjen itu. Di antaranya konsolidasi Pilkada 2018 serta sejumlah persoalan nasional yang belakangan terjadi.

“Terutama Pemilukada serentak kemudian kami akan bahas beberapa kerja sama. Dan berbagai persoalan bangsa dan negara,” jelasnya.

Hasto mengungkapkan, PDIP akan terus merajut kerja sama dengan sejumlah partai, baik yang telah bergabung dengan koalisi Jokowi dan yang belum menyatakan sikap. Sebab, dukungan dari banyak partai akan memperkuat kepemimpinan Jokowi.

Ditanya soal pembahasan soal calon wakil presiden untuk Jokowi, Hasto menyebut topik tersebut akan dibahas setelah gelaran pilkada 2018 selesai.

Soal kriteria, kata dia, PDIP tidak hanya mempertimbangkan faktor popularitas dan elektabilitas. PDIP juga mempertimbangkan faktor kompetensi, rekam jejak, jiwa kepemimpinan dan chemistry dengan capres Joko Widodo.

“Kriteria utama bagi PDIP adalah pemimpin untuk rakyat yang memahami rakyat dan didukung oleh pengalaman, jiwa kepemimpinan dan loyalitas,” jelas Hasto.

Dia menambahkan, pengambilan keputusan siapa cawapres yang akan mendampingi capres Joko Widodo tidak bisa tergesa-gesa, tetapi harus didasarkan pada keyakinan politik.

Soal nama-nama bakal cawapres yang sering disebut-sebut, nantinya mengerucut dengan pertimbangan kriteria tersebut. (goek)