Naikkan Pendapatan Desa, Mas Dhito Bakal Optimalkan Kinerja SDM BUMDes

 34 pembaca

KEDIRI – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bakal memberikan pelatihan penguatan sumber daya manusia (SDM) badan usaha milik desa (BUMDes). Pelatihan ini dilakukan agar BUMDes lebih optimal sehingga bisa meningkatkan pendapatan desa.

“Untuk SDM-nya kita buatkan pelatihan bagaimana pengelolaan BUMDes yang baik dan benar, bagaimana untuk meningkatkan pendapatan desa,” kata Hanindhito di Kediri, Senin (8/8/2022).

Melalui pelatihan itu, kinerja SDM BUMDes diharapkan bisa lebih optimal. Dia minta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) segera memfasilitasi pelatihan tersebut

“Nanti kita kumpulkan di satu tempat supaya teman-teman (SDM) BUMDes di tiap desa ini punya kemampuan untuk meningkatkan pendapatannya,” ungkap kader PDI Perjuangan yang akrab disapa Mas Dhito ini.

Sementara itu, Kepala DPMPD Kabupaten Kediri Agus Cahyono mengaku sudah menyiapkan rencana pelatihan sebagaimana instruksi bupati.

Pelatihan akan dilakukan pada bulan September 2022 mendatang meliputi bimbingan teknis (bimtek) terkait penguatan keuangan BUMDes.

Adapun peserta pelatihan adalah perwakilan pengelola BUMDes 343 desa se-Kabupaten Kediri. Nantinya, tiap-tiap BUMDes diambil dua orang. Materi pelatihan adalah terkait pengelolaan unit usaha.

Peserta akan dibagi sesuai bidang usaha yang digeluti BUMDes. “Paket-paket ini berdasarkan klaster unit usaha,” ujarnya. (red)