Momen Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang, Sanusi: Tonggak Awal Menuju Keberhasilan

 82 pembaca

MALANG – Memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262, Bupati Malang HM Sanusi ingin mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat demi Malang makmur. Sanusi berharap momen Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang bisa menjadi tonggak awal untuk keberhasilan menuju Malang Makmur.

“Peringatan Hari Jadi ke-1.262 Kabupaten Malang tahun 2022 ini, harus mampu menjadi tonggak awal bagi kita semua, untuk bersiap melangkah menuju keberhasilan, menggapai cita-cita bersama, dengan penuh semangat dan rasa optimis bahwa kita mampu Maju Sejahtera Bersama Malang Makmur,” jelas Sanusi di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (29/11/2022).

Dia juga berharap agar ke depannya semangat gotong-royong dalam pembangunan daerah bisa diperkuat. Yang dalam perjalanannya tidak lepas dari peran para stakeholder, instansi lintas vertikal, lembaga sosial, organisasi masyarakat, komunitas, dan masyarakat.

“Apalagi tahun ini menjadi tahun yang cukup berat, di mana meski kita bisa lepas dari belenggu pandemi Covid-19, namun di pengujung tahun 2022 ini, tepatnya pada bulan Oktober, masyarakat Kabupaten Malang harus kembali diuji dengan terjadinya musibah di Stadion Kanjuruhan,” ucapnya.

Disisi lain, politisi PDI Perjuangan ini juga minta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Malang mempersiapkan diri dalam menyongsong agenda pembangunan pada tahun 2023 mendatang, sebagaimana yang telah tercantum di dalam RPJMD.

Salah satu poin terpenting dalam RPJMD di tahun 2023 itu adalah pengembangan teknologi informasi serta pemerataan pembangunan infrastruktur. Sebagai sarana infrastruktur dasar untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malang.

“Pada beberapa tahun mendatang, kemajuan teknologi informasi akan menjadi salah satu pendukung akselerasi kinerja, dan percepatan pelayanan, sehingga penggunaan serta pemanfaatannya perlu terus dikembangkan secara kontinyu,” jelas bupati yang akrab disapa Abah Sanusi tersebut.

“Terutama mampu menjadi trigger bagi peningkatan produktivitas masyarakat, sekaligus menjadi penggerak roda perekonomian secara signifikan,” lanjut Sanusi.

Disisi lain, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi berharap bahwa di usia yang ke-1262 Kabupaten Malang ini, bisa menjadi moment bagi Pemkab Malang untuk dapat mewujudkan RPJMD. Terlebih diharapkan agar tidak hanya menjadi sekadar ucapan yang bersifat sementara.

“Mudah-mudahan tidak hanya sekadar ucapan semata dan hanya bersifat temporal sesaat, tetapi benar-benar bisa dihayati dan dilaksanakan oleh seluruh unsur aparatur Kabupaten Malang sehingga masyarakat bisa sejahtera dan makmur,” ujar Darmadi.

Selain itu, berkaca dari perjalanan panjang Pemkab Malang, dia juga mengajak semua pihak untuk saling mengevaluasi dan menginstropeksi diri. Terlebih untuk bersama mendukung dan menyukseskan pembangunan Kabupaten Malang yang lebih baik.

“Kami ingin mengajak masyarakat dan semua unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan pemerintah untuk mengevaluasi dan mengintrospeksi diri. Sejauh manakah telah berbuat dan berkarya sehingga menjadi sumber motivasi kita untuk berkarya lebih baik lagi dalam membangun Kabupaten Malang,” ujar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini. (ace/pr)