oleh

Mensos Risma Siap Bangun Tempat Latihan Olahraga bagi Difabel

-Kronik-14 kali dibaca

JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini bakal membangun fasilitas pendukung sebagai apresiasinya pada para atlet Paralimpiade Tokyo 2020. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk membangun fasilitas tersebut.

“Kemarin bersama-sama Pak Menpora berkomunikasi akan membangun fasilitas olahraga di Jawa Tengah dan kami menyiapkan asrama di balai-balai di sana yang bisa digunakan sebagai tempat latihan,” terang Risma saat menyerahkan piagam penghargaan pada atlet berprestasi Paralimpiade 2020 Tokyo di Jakarta, Jumat (24/9/2021).

Risma juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi sejumlah uang untuk para atlet. “Ini prestasi yang luar biasa karena mereka telah berjuang dan secara struktural kami menangani sehingga akan memberikan perhatian berupa uang walau tak seberapa,” ujarnya.

Baca juga: Apresiasi Prestasi Atlet Paralimpiade, Megawati: Jangan Ada Putus Asa

Lebih lanjut Risma juga memberikan penghargaan untuk para pelatih atlet Paralimpiade.  “Mereka bisa meraih prestasi yang membanggakan tidak lepas dari peran para pembina dan pelatih yang telaten hingga melahirkan atlet berkelas dunia,” terangnya.

Dia berharap prestasi para atlet Paralimpiade dapat menginspirasi anak muda penyandang disabilitas untuk berprestasi. “Ini menjadi contoh luar biasa, bahkan bagi kita semua,” sebut Risma.

Salah satu atlet paralimpiade berprestasi Leani Ratri Oktila mengaku bangga bisa meraih prestasi dan berharap menjadi inspirasi bagi adik-adik yang memiliki keterbatasan.

“Saya bangga meraih prestasi dan tadi mendapatkan penghargaan dari Ibu Mensos. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi adik-adik sesama penyandang disabilitas untuk terus berlatih, ” katanya.

Sebagai informasi, Leani Ratri Oktila atlet paralimpiade di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 yang mendapatkan dua medali emas pada cabang olahraga badminton nomor ganda putri SL3-SU5 dan nomor ganda putra-putri SL3-SU5.

Tidak hanya itu, ia bahkan berhasil membawa pulang medali perak pada cabang olahraga para-badminton nomor tunggal putri SL4.

Indonesia berhasil membawa pulang 9 medali di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 yaitu 2 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu. Raihan 9 medali itu adalah pencapaian terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di ajang Paralimpiade. (goek)