oleh

Harkitnas 2021, Tari: Kebangkitan untuk Hadapi Pandemi

-Kronik-231 kali dibaca

SURABAYA – Srikandi Banteng Jawa Timur Hari Putri Lestari mengatakan, Hari  Kebangkitan Nasional ke-113 tahun ini hendaknya menjadi momentum bagi masyarakat untuk tetap semangat dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta optimistis mendorong kemajuan negeri.

“Kalau kita flashback saat kali pertama Boedi Oetomo didirikan, itu kan bangkit untuk persatuan nasionalisme di saat itu. Dan kalau kita sesuaikan dengan saat kekinian, situasi negara bahkan dunia ini adalah masalah pandemi Covid-19,” ujarnya, Kamis (20/5/2021).

Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa Tari ini menjelaskan, di saat pandemi, seluruh tatanan yang telah dibangun mulai dari segi kesehatan, hingga ekonomi, seluruhnya harus menyesuaikan dengan keadaan baru atau new normal.

Baca: Bambang Yuwono: Harkitnas Momentum Kuatkan Nilai Kebangsaan

“Dengan adanya pandemi ini semua sektor terpuruk baik itu pemerintahan, swasta, pendidikan, kebudayaan, ekonomi semua morat-marit, kebiasaan ramah tamah berkumpul, diubah ke new normal. Jadi kita harus bangkit, gotong royong, gak bisa pemerintah saja tanpa semua elemen terlibat terutama masyarakat,” tegasnya.

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur ini mengatakan, terkait kesehatan, dia mengimbau masyarakat agar tidak lengah terhadap pandemi Covid-19. Terlebih setelah menengok kejadian di India yang memiliki lonjakan kasus karena kerumunan masyarakat.

Lalu terkait ekonomi, Tari ingin masyarakat yang terdampak tidak putus asa dan tetap semangat serta berinovasi agar bisa tetap bertahan.

Baca juga: Untari Yakin Rakyat Indonesia Bisa Bangkit Menjadi Bangsa yang Tangguh

“Jadi bangkitnya itu, bangkit supaya masyarakat Indonesia itu sehat dulu, karena ketika kita bisa menjaga kesehatan pribadi, kesehatan keluarga, lingkungan, bangsa, nanti kita bisa juga bangkit secara ekonominya,” jelas Tari.

“Jangan ada yang putus asa ketika sudah di PHK, lalu PKL yang omsetnya menurun hingga tutup, juga harus tetap semangat membuat inovasi atau motivasi, bisa lewat sosial media atau yang lainnya,” tambah dia.

Menurutnya, di dalam kebangkitan itu ada semangat dan optimisme. Dan semangat bisa mendorong kemajuan.

“Jangan sampai pandemi ini membuat kekhawatiran, dan kekecewaan,” imbuh Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim ini.

Tari juga mendorong masyarakat khususnya kaum millenial untuk menumbuhkan rasa nasionalisme seperti yang diusung oleh Boedi Oetomo.

Dirinya menyebut hal itu dapat dimulai dengan mencintai dan membeli produk dalam negeri, karena hal tersebut tidak hanya menumbuhkan nasionalisme namun juga memberikan dukungan kepada para UMKM.

“Nah kalau dulu bangkit yang dibangun itu kan nasionalismenya, jadi kita ingin membangun nasionalisme itu tumbuh, saling mensupport dan mendukung. Kita harus mencintai produk dalam negeri,” pungkasnya. (nia/pr)

Komentar