DPC Lumajang Buka Penjaringan Bakal Caleg Pemilu 2024

 236 pembaca

LUMAJANG – Menjelang perhelatan pemilihan umum (pemilu) 2024, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang mulai membuka penjaringan bakal calon legislatif (caleg). Hal ini disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Lumajang, Solikin, saat ditemui di kantor DPC, Kamis (22/9/2022).

Solikin menjelaskan, pihaknya membuka lebar untuk seluruh masyarakat Lumajang yang ingin menjadi caleg melalui PDI Perjuangan. Katanya, proses penjaringan akan ditutup pada akhir September 2022.

“Sesuai intruksi DPP Partai untuk melakukan penjaringan hingga batas waktu tanggal 30 September. Kami membuka lebar proses pendaftaran bagi putra-putri terbaik Lumajang untuk bergabung bersama PDI Perjuangan,” katanya.

Solikin menandaskan, syarat utama menjadi caleg PDI Perjuangan adalah terdaftar sebagai anggota. Bagi yang bukan anggota, terlebih dulu mendaftarkan diri menjadi anggota PDI Perjuangan.

“Itu adalah syarat utama bagi caleg di PDI Perjuangan. Untuk syarat lainnya adalah syarat umum, seperti yang tertera pada formulir pendaftaran caleg yang telah kami sediakan,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang merasa kesulitan, Solikin mengatakan bahwa partai akan memfasilitasi pemberkasan. Artinya, bakal caleg yang kesulitan ketika mendaftar, bisa langsung ke kantor DPC PDI Perjuangan Lumajang untuk mendapatkan arahan.

Saat ini, sudah ada yang mendaftar sebagai bakal caleg melalui PDI Perjuangan. Selain penjaringan, Solikin mengatakan bahwa pihaknya juga akan melakukan penyaringan terhadap bakal caleg yang sudah mengisi formulir.

“Sampai saat ini sudah mencapai target di semua dapil untuk bakal caleg DPRD Kabupaten Lumajang. Namun, ada beberapa dapil yang melebihi dan masih kami lakukan penyaringan, dan pada akhir bulan ini kami pastikan sudah siap semuanya,” kata Solikin.

Untuk 4 dapil, kata Solikin, sudah melampaui batas kuota yang tersedia. Sementara 1 dapil yang prosesnya masih 70 persen. Ini disebabkan karena administrasi yang belum lengkap, namun secara keseluruhan bakal caleg semua dapil sudah lengkap 100%.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPC Lumajang, Bukasan. “Segera kami tuntaskan berkas administrasinya, untuk kemudian kami laporkan kepada DPP partai untuk segera mendapatkan tindak lanjut. Baru kemudian, kami lakukan dan terapkan strategi pemenangan pemilu untuk para caleg,” katanya.

Bukasan, yang juga Wakil DPRD Kabupaten Lumajang menegaskan bahwa pihaknya optimis dengan strategi tersebut. Katanya, dengan strategi tersebut PDI Perjuangan akan meraih 15 kursi di DPRD Lumajang.

“Ini sesuai dengan rapat bersama DPC dan sudah disampaikan saat konsolidasi akbar kemarin, bahwa target PDI Perjuangan paling tidak bisa meraih 15 kursi di DPRD Lumajang. Tidak hanya itu, kami juga siap dan tekad menang hattrick secara nasional,” ujarnya. (ndy/hs)

Tinggalkan Balasan