Wabup Probolinggo Terima Lencana Bhakti Desa Pertama dari Kementerian Desa

 152 pembaca

KABUPATEN PROBOLINGGO – Wakil Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko menerima penghargaan Lencana Bhakti Desa Pertama dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Penghargaan diserahkan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar kepada Wabup Timbul bersamaan dalam acara launching Lembaga Keuangan Mikro BUMDesMa dan Penandatanganan MoU dengan Kemenkes, Bakamla RI di Surabaya, Kamis (27/10/2022).

Penghargaan sebagai apresisi karena komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa. Sehingga semua desa mencapai status berkembang maju dan mandiri.

“Ini adalah hasil kerjasama dan sinergitas yang baik, di jajaran Pemerintah Kabupaten dan Kota serta Pemerintah Provinsi sehingga penghargaan ini layak diberikan kepada Pemerintah Daerah yang sudah tidak terdapat desa tertinggal,” ungkap Gus Halim, sapaan akrab Menteri Desa PDTT.

Di Kabupaten Probolinggo, jumlah desa mandiri tahun ini tercatat sebanyak 23 dari tahun lalu sejumlah 16 desa. Untuk desa maju sebanyak 174 dari tahun sebelumnya 135 desa. Sementara desa berkembang berjumlah 128.

Wabup Timbul berharap agar penghargaan ini menjadi pemicu untuk menata desa desa selangkah lebih maju. Dan, pada akhirnya menjadi desa-desa mandiri.

“Tentunya ini menjadi trigger untuk lebih semangat dalam membangun desa, khususnya desa mandiri di Kabupaten Probolinggo,” harap wakil bupati dari PDI Perjuangan ini. (drw/hs)