Wabup Ngawi Mengapresiasi Maraknya Partisipasi Sosial Ormas dan Komunitas

Loading

NGAWI – Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko menyampaikan apresiasinya atas gotong royong dan kesetia-kawanan sosial yang dilakukan ormas maupun komunitas dalam membantu sesama warga masyarakat.

Menurut Wabup Dwi Rianto Jatmiko, permasalahan di tengah masyarakat akan lebih mudah selesai apabila dilakukan secara gotong royong. Tidak hanya dari sisi pemerintah daerah, namun peran serta berbagai lapisan masyarakat sama pentingnya agar tiap permasalahan dapat segera teratasi dan cepat terselesaikan.

Di Kabupaten Ngawi, sudah kerap permasalahan di tengah masyarakat, seperti kesejahteraan, rumah tidak layak huni, hingga penanganan Covid-19 bisa teratasi dengan lebih cepat lantaran partisipasi berbagai elemen masyarakat.

Terbaru, saat berbagai komunitas relawan bersama Pemkab Ngawi membangunkan rumah layak huni bagi seorang guru di Kecamatan Karanganyar, beberapa waktu lalu.

Sigap dan cekat mengatasi permasalahan di masyarakat itu berkat sinergitas antara Pemkab Ngawi dengan berbagai elemen masyarakat. Seperti relawan kemanusiaan, komunitas dan sebagainya.

“Semakin banyak partisipasi dari masyarakat, yang sifatnya kepedulian, dan berbagi terhadap sesama, itu menjadikan support tersendiri bagi pemerintah daerah,” ujar Wabup Antok saat menyerahkan bingkisan sembako untuk tenaga kesehatan, dari ormas Laskar Ngawi, Sabtu (20/11/2021).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ngawi itu pun menyampaikan rasa terimakasih atas gotong royong partisipatoris dari setiap elemen masyarakat. Pun juga terhadap semakin banyaknya kegiatan-kegiatan serupa yang diinisiasi oleh relawan atau komunitas.

Terlebih, lanjut dia, kekuatan anggaran Pemkab Ngawi yang terbatas, tidak akan mampu mengcover secara keseluruhan permasalahan di masyarakat, apabila hanya ditopang oleh APBD.

“Pemkab menyampaikan terima kasih, ketika kolaborasi, partisipasi peran serta masyarakat semakin tumbuh. Karena kita tahu, dari pemerintah sendiri dari sisi APBD juga sangat terbatas,” kata Wabup Antok.

Hal senada juga disampaikan Wabup Antok saat menghadiri acara deklarasi Civic Ngawi Comunity, Ahad (21/11/2021) kemarin. Di hadapan anggota klub otomotif itu, Wabup Antok menyampaikan, selain sebagai wadah sharing antar anggota, dia berharap komunitas tersebut bisa bersinergi dengan Pemkab dalam mengatasi setiap permasalahan di masyarakat.

“Dan diharapkan bisa turut bersinergi, kolaborasi sehingga mendukung Pemerintah Daerah, dalam rangka menyelesaikan permasalahan serta mengemban misi sosial di Kabupaten Ngawi,” tuturnya (mmf/hs)