Wabup Gresik Apresiasi Bank Sampah di Manyar, Hasilkan 51 Ton Sampah Terpilah dan Produk Daur Ulang

Loading

GRESIK – Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengapresiasi pihak-pihak terkait pengelolaan sampah di Kecamatan Manyar. Sebab bank sampah setempat mampu “menyulap” barang-barang terbuang menjadi pundi-pundi rupiah.

Apresiasi disampaikan Bu Min,   sapaan karib Wabup Aminatun Habibah, saat menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kamis (2/3/2023).

Menurut Bu Min, sejumlah pihak berkontribusi dan menjalin kerja sama dalam proses pengelolaan sampah. Semisal perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan stakeholder untuk memberikan training bank sampah kepada 3.600 warga Manyarejo.

Sehingga, saat ini bank sampah di Manyar mampu menghasilkan 51 ton sampah yang sudah dipilah dan siap dijual.

Selain itu, warga Manyar juga dapat memproduksi beberapa produk daur ulang yang bernilai ekonomis. Salah satunya adalah pupuk tanaman dan kostum daur ulang.

“Karya daur ulang ini sangat luar biasa dan layak dibuatkan sebuah pameran dalam rangka mengurangi sampah,” imbuh Bu Min usai melihat karya kostum daur ulang sampah.

Bu Min menambahkan, penanganan sampah akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap Kabupaten Gresik. Khususnya dalam konteks lingkungan sehat dan pengendalian banjir.

“Ini tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Perlu kerjasama antar pemerintah daerah dan masyarakat untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar dapat memulai gerakan mengelola sampah dengan baik,” katanya. (mus/hs)