oleh

Ulangi Sukses, Banteng Jatim Agendakan Lomba Masak Mustika Rasa Masuk Rekor MURI

-Headline-74 kali dibaca

KEDIRI – DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tak ingin gebyar Lomba Memasak Mustika Rasa di kawasan wisata Simpang Lima Gumul, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri Minggu (17/7/2022) lalu hanya berlangsung sekali.

Melihat animo peserta lomba dan sambutan masyarakat Kediri Raya, DPD PDI Perjuangan Jatim bakal mengulang sukses lomba masak dengan resep buku Mustika Rasa yang digagas Bung Karno saat menjabat Presiden RI tersebut.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno mengaku terkesima melihat antusiasme masyarakat yang ikut lomba memasak Mustika Rasa. Dia juga terkagum dengan hasil olahan menu masakan para peserta, yang ketika dites rasa, sangat enak.

“Luar biasa. Saya melihat sendiri ribuan masakan digelar di bawah tenda yang ketika kita kelilingi panjangnya tenda hampir satu kilometer. Semua masakan peserta juga nggak ada yang tidak enak,” ungkap Untari, kepada pewarta media ini di Kediri, Selasa (19/7/2022).

“Kita punya kesan yang mendalam. Seharusnya kegiatan ini bisa masuk rekor MURI. Tiga ribu lebih masakan di buku resep Mustika Rasa semua dimasak di sini. Nanti tahun depan kita adakan lagi lomba ini dengan mengundang pihak MURI,” sambungnya.

Diketahui, acara Lomba Memasak Mustika Rasa yang digagas DPD PDI Perjuangan Jawa Timur kemarin diikuti 1.576 peserta. Mereka terbagi menjadi 380 lebih kelompok memasak.

Pelaksanaan lomba memasak berlangsung pagi hingga siang hari Minggu kemarin dihadiri jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Timur dan anggota Fraksi Banteng DPRD Jatim.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, serta jajaran DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota Kediri serta anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten/Kota Kediri pun hadir.

Sejumlah juri berkompeten di bidangnya didatangkan untuk menilai masakan para peserta lomba. Panitia juga menyediakan hadiah menggiurkan kepada para pemenang lomba. Yakni berupa hadiah utama 3 unit sepeda motor, sepeda fun bike serta barang elektronik berharga lainnya.

Melalui seleksi ketat, pihak juri yang ditunjuk DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri sebagai pelaksana acara, akhirnya memutuskan pemenang lomba.

Hasilnya, juara 1 diraih nomer peserta 181 asal Desa Kerep, Kecamatan Tarokan, juara 2 nomer peserta 168 asal Desa Cerme, Kecamatan Grogol, serta juara 3 diraih peserta nomer 204 Desa Maron Kecamatan Banyakan. Semua dari Kabupaten Kediri.

Selain juara 1, 2 dan 3, panitia juga memilih juara favorit, dan juara harapan 1,2,3. (Baca juga: Wujudkan Kedaulatan Pangan, Banteng Jatim Bakal Rutinkan Lomba Masak Resep Mustika Rasa)

Sementara itu, penanggung jawab acara Lomba Memasak Mustika Rasa, Wara Sundari Renny Pramana mengaku tak menyangka kegiatan ini diikuti ribuan peserta.

Ketua Komisi E DPRD Jatim ini pun titip pesan kepada para peserta yang belum beruntung meraih juara, agar tetap bersemangat. “Yang belum mendapat juara tetap bersemangat,” tuturnya.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Jatim ini juga optimistis kegiatan yang bakal diulang tahun depan ini akan diikuti peserta yang lebih banyak lagi. (putera/pr)