oleh

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Jokowi: Kita Tak Punya Pilihan, Harus Utamakan Kesehatan dan Keselamatan

-Kronik-39 kali dibaca

JAKARTA – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah Kamis (13/5/2021).

“Dari Istana Kepresidenan Bogor, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin,” ucap Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, di Istana Kepresidenan Bogor. Ucapan tersebut diunggah melalui video yang ditayangkan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

“Saya juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin,” kata Iriana tampil dengan baju kurung warna putih gading dengan bordir daun.

Presiden Jokowi mengakui bahwa Idul Fitri pada tahun ini masyarakat Indonesia juga masih harus berhadapan dengan pandemi Covid-19.

“Kita juga masih harus bersabar dan menahan diri, karena tidak bisa bersilaturahmi secara langsung, secara tatap muka dengan keluarga dan handai taulan,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengakui hal tersebut sangatlah berat. “Tetapi kita tidak punya pilihan, kita harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan kita semua, ya kita semua,” tuturnya.

Tujuannya adalah agar Indonesia dapat sesegera mungkin kita dapat terbebas dari pandemi. “Semoga di hari kemenangan ini menjadi momentum bagi kita semua bangsa Indonesia untuk bangkit dan menang melawan pandemi Covid-19,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi sendiri melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor.

Tepat pukul 06.36 WIB, Shalat Idul Fitri dimulai. Adapun yang bertindak selaku imam salat Idulfitri adalah Serda Ridwan Payopo yang dalam kesehariannya bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Shalat Idul Fitri kali ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan menjaga jarak antar jamaah.

Tampak mengikuti Shalat Idul Fitri kali ini beberapa perangkat melekat antara lain Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf. Windra Sanur.

Setelah Shalat Idulfitri selesai sekitar pukul 07.02 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Wisma Bayurini Istana Kepresidenan Bogor. (goek)