TMP Kota Malang Ajak Milenial dan Gen-Z Pahami Pemikiran Bung Karno

 55 pembaca

MALANG – DPC Taruna Merah Putih (TMP) Kota Malang menggelar kegiatan donor darah yang dilanjutkan dengan kegiatan seminar publik memperingati Bulan Bung Karno, Senin (4/7/2022). Seminar bertema ‘Komunikasi Politik Bung Karno: Pancasila dan Generasi Milenial’ diselenggarakan di Gedung DPRD Kota Malang.

Ketua DPC TMP Kota Malang Juventus Ronaldo menjelaskan, kegiatan bakti sosial ini diinisiasi sebagai upaya membentuk kepedulian dan solidaritas masyarakat Kota Malang untuk mau mendonorkan darahnya.

“Kebetulan kita ada hubungan baik dengan PMI Kota Malang. Peserta donor, tergabung dari struktur internal partai sekitar 70 orang lalu warga umum sekitar 30 sampai 40 orang,” ungkap Juventus.

Setelah donor darah usai, kegiatan dilanjutkan dengan seminar publik. Juve menuturkan bahwa kegiatan seminar publik ini diharapkan mampu menjadi magnet tersendiri bagi generasi milenial untuk bisa memahami pemikiran-pemikiran Bung Karno secara lebih luas.

Menurutnya, di era digitalisasi saat ini generasi milenial dan Z dihadapkan kepada pemahaman yang bias terkait kebangsaan dan ideologi negara.

Karena itu, tambah Juve, hal tersebut harus diluruskan. Sebab Pancasila oleh Bung Karno disebut sebagai bintang penuntun kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Banyaknya pertentangan, banyak kaum muda yang belum terlalu paham dengan ideologi. Kemudian membandingkan dengan negara lain lebih bagus. Maka dari itu, ini yang kita sinergikan oleh materi, bagaimana kita memberikan penegasan bahwa Pancasila sebagai philosofische grondslag,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Malang, Eko Herdiyanto menegaskan, sebagai kader-kader ideologis Bung Karno setiap kader Banteng wajib hukumnya untuk bisa menguasai nilai-nilai Pancasila. Menurutnya, implementasi nilai-nilai Pancasila tersebut juga harus diiringi dengan pemahaman akan sejarah yang kuat.

Sehingga sosok Bung Karno tidak hanya diingat dalam memori semata, namun hasil pemikiran dan semangatnya terus hidup dan mengalir menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, dimulai dari hal-hal kecil.

“Kita tinggal mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila secara sederhana di lingkungan wilayah kita berdomisili di kampung, partai, di tengah-tengah kita berkumpul bersama dengan masyarakat,” tutur Eko Herdiyanto. (ace/pr)