Tekan Angka Stunting, DPC Ngawi Berbagi Ribuan Paket Makanan untuk Ibu Hamil dan Bayi di 6 Lokasi

 601 pembaca

NGAWI – Ratusan balita dan ibu hamil di Kabupaten Ngawi mendapat asupan makanan untuk menambah gizi dan mencegah stunting. Paket berupa susu, beras, roti, dan lain sebagainya itu dibagikan serentak pada 6 titik di Kabupaten Ngawi.

Pembagian paket penambah gizi itu, selain dalam rangkaian hari ulang tahun emas PDI Perjuangan, juga dalam rangka memperingati hari kelahiran Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ke-76 tahun, tepat pada Senin (23/1/2023).

Di samping pembagian paket sembako, pada kegiatan itu juga dilaksanakan giat dapur umum. Ibu-ibu kader memasak berbagai menu masakan sehat, dilanjutkan santap siang bersama seluruh peserta.

Di Kabupaten Ngawi, kegiatan dilaksanakan serentak pada 6 titik wilayah yang berbeda. Pemilihan lokasi berdasarkan sebaran balita-balita yang memiliki kecenderungan stunting, serta ibu hamil berisiko tinggi kekurangan energi kronis (KEK) yang dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Seluruh organ partai DPC Ngawi terlibat dalam kegiatan itu. Baik struktural, eksekutif, maupun legislatif.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, membagikan paket sembako penambahan gizi di desa Sumber Bening, Kecamatan Bringin. Sementara, Wakil Bupati Ngawi, yang juga Ketua DPC Ngawi Dwi Rianto Jatmiko melaksanakan pembagian di Kecamatan Kendal.

Ketua DPRD Heru Kusnindar, membagikan paket di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe. Tiga lokasi lainya, dilaksanakan oleh Yuwono Kartiko (King), Sekda, dan Kepala Dinas Kesehatan Ngawi.

Ketua DPC Kabupaten Ngawi Dwi Rianto Jatmiko menyampaikan, Ketua Umum PDI Perjuangan sangat perhatian dengan prevelensi stunting di Indonesia. Oleh karenanya, kata Dwi Rianto Jatmiko, Ketua Umum PDI Perjuangan menekankan kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah dari Partai Banteng untuk memperhatikan hal itu.

“Salah satu wujudnya kita berperan pada peringatan HUT PDI Perjuangan, kita bersinergi bersama dengan Pemkab Ngawi melaksanakan baksos di desa yang menjadi lokus stunting, anak-anak yang berpotensi stunting, dan ibu hamil. Kegiatan ini untuk percepatan penurunan angka stunting, dimana di Kabupaten Ngawi prevelensi stunting masih 12,6 persen. Ini harus kita kejar, agar kemudian target nasional dibawah 14 persen dapat tercapai,” kata Dwi Rianto Jatmiko.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Ngawi, Heru Kusnindar saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan dapur umum dan pembagian paket sembako didedikasikan untuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang berulang tahun ke 76, tepat hari ini.

“Kegiatan ini serentak kita laksanakan, kegiatan ini lebih kepada dedikasi kepada Ibu Ketua Umum yang hari ini ulang tahun. Untuk di Kabupaten Ngawi kita laksanakan di 6 titik. Sasaran lokasinya yang banyak terdapat balita stunting dan ibu hamil yang Kek-nya tinggi,” kata Heru Kusnindar kepada pdiperjuangan-jatim.com.

Pembagian paket sembako untuk penambahan gizi membuktikan bahwa PDI Perjuangan sangat peduli terhadap masa depan generasi bangsa. Partai belambang Banteng Moncong Putih itu ingin, anak-anak Indonesia dapat tumbuh sehat, kuat, untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Sebagaimana diketahui, stunting dapat memengaruhi perkembangan otak anak. Stunting dapat dialami oleh balita yang dalam pertumbuhannya kekurangan nutrisi. Selain itu, stunting juga mungkin terjadi pada ibu hamil yang kekurangan gizi semasa mengandung. Stunting dapat dicegah dengan memberikan nutrisi cukup pada balita, atau kepada ibu yang sedang mengandung.

Heru Kusnindar menyampaikan, secara keseluruhan di Kabupaten Ngawi paket sembako yang dibagikan sebanyak 560 paket untuk balita, dan 560 paket untuk ibu hamil dengan KEK tinggi.

“Paket untuk balita stunting berupa beras, telur, susu, dan PMT roti. Kemudian untuk ibu hamil berupa beras, telur, dan PMT roti,” ujar legislator Banteng tersebut.

Lebih lanjut, kata Heru Kusnindar, khusus dalam rangkaian HUT Emas PDI Perjuangan, berbagai macam kegiatan akan terus digelar. Rangkaian acara perayaan akan berlangsung hingga bulan Mei 2023 mendatang.

“Kita akan terus bergerak, ada berbagai kegiatan yang akan digelar untuk lebih dekat dengan rakyat, kita tunjukkan bahwa kita partai yang peduli terhadap rakyat,” papar Heru Kusnindar.

Salah satu warga penerima bantuan, Sundari Ismawati (24) salah satu ibu yang memiliki balita stunting mengaku senang mendapatkan paket bantuan dari PDI Perjuangan. Menurutnya PDI Perjuangan sebagai partai yang selalu memedulikan rakyat seperti dirinya.

“Terimakasih kepada PDI Perjuangan yang peduli terhadap kami, terimakasih sudah memberikan bantuan paket sembako. Semoga berkah untuk kami, dan selamat ulang tahun ke 50 tahun PDI Perjuangan,” ucap Sundari Ismawati warga Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, salah satu penerima bantuan paket sembako untuk anak stunting. (amd/hs)

Tinggalkan Balasan