Sosialisasi Wasbang, Agus Wicaksono Sampaikan Peran Penting Kades sebagai Penjaga Pancasila

 375 pembaca

LUMAJANG – Desa kuat, bangsa akan kuat, hal itulah yang disampaikan Agus Wicaksono SSos saat melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan. Kegiatan yang mengundang Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Lumajang itu berlangsung di Hall Hotel Prima, Kamis (17/11/2022).

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur itu mengatakan bahwa kepala desa merupakan pemimpin di lingkup desa. Oleh karena itu, wawasan kebangsaan sangat penting untuk menjaga eksistensi Pancasila.

“Karena, berdasarkan survey banyak kelompok yang terus merong-rong Pancasila dengan berkeinginan mengganti Pancasila menjadi khilafah. Berdasarkan survei, dari 2,5% meningkat menjadi 9,2% kelompok menginginkan negara Indonesia menjadi khilafah,” ujar Agus, sapaan akrabnya.

Agus menegaskan, bahwa selama ini PDI Perjuangan getol dalam menjaga NKRI dan Pancasila. Artinya, PDI Perjuangan tidak pernah menggunakan politik identitas dalam kontestasi pemilihan umum.

“Ini akan terus kami lakukan, terlebih kata presiden Joko Widodo adalah membangun bangsa dimulai dari membangun desa. Membangun desa, juga merupakan ikut serta dalam membangun bangsa dan negara Indonesia tercinta ini,” tegasnya.

Wakil ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu mengatakan bahwa PDI Perjuangan sudah melakukan konsolidasi bersama AKD Jawa Timur. Konsolidasi tersebut secara langsung dihadiri oleh Sekjen PDI Perjuangan di Ngawi.

“Garis besarnya adalah AKD menginginkan bahwa ada suatu kebijakan untum melakukan revisi UU No. 6 tahun 2014. Khususnya dalam klausal periodesasi kepala desa, yang mulanya 6 tahun dengan 3 periode menjadi 9 tahun dengan 2 periode,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus menegaskan bahwa aspirasi AKD tersebut akan menjadi atensi PDI Perjuangan untuk segera direalisasikan. Bahkan, katanya Sekjen PDI Perjuangan secara langsung mengintruksikan jajaran PDI Perjuangan untuk melakukan konsolidasi untuk berjuang bersama seluruh kepala desa se Indonesia dalam merealisasikan aspirasi tersebut.

Hal senada, ketua DPC PDI Perjuangan, Solikin menegaskan bahwa pihaknya mendorong dan mendukung upaya yang dilakukan AKD. Pasalnya, Solikin pernah menjabat di Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang dan tahu betul permasalahan di lingkungan pemerintah desa.

“Oleh karena itu, mari berjuang bersama-sama gotong royong untuk merealisasikan itu semua. Tentu, kita harus bersinergi, yang penting komitmen kita bersama adalah menciptakan bangsa Indonesia lebih maju dimulai dari pembangunan desa,” jelasnya.

Solikin menegaskan, bahwa pihaknya akan mengintruksikan kepada fraksi PDI Perjuangan di DPRD Kabupaten Lumajang untuk menindaklanjuti pertemuan kali ini. Sehingga, nantinya ada koordinasi dan sinergitas yang baik guna memperkuat aspirasi AKD untum segera direalisasikan. (ndy/hs)