Sajikan Menu yang Disuka Anak-anak, Novita Hardini Raih Juara 2 Lomba Masak Ikan se-Jatim

 182 pembaca

SURABAYA – Ketua Forum Ikan (Forikan) Kabupaten Trenggalel, Novita Hardini meraih juara 2 dalam lomba masak ikan tingkat Jawa Timur. Lomba cipta menu yang digelar di Dyandra Convention Center, Surabaya itu diikuti Ketua TPPKK seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dalam lomba ini, Novita berkreasi memadukan daging Ikan Dori dengan daging serta bahan makanan lainnya. Dia ingin menyajikan menu yang bisa menggugah anak-anak yang tadinya tidak atau kurang suka dengan ikan menjadi suka makan ikan.

Dengan begitu, jelas istri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin tersebut, ada peningkatan konsumsi ikan di daerahnya. Menurutnya, ada tiga kategori menu dalam perlombaan ini, yakni menu keluarga, menu balita dan menu kudapan.

“Tadi saya berkesempatan memasak sendiri menu keluarga dan balita. Alhamdulillah kita lolos juara 2. Ada sedikit nominal rupiah yang bisa kita dedikasikan untuk kas PKK,” ujar Novita di Surabaya, Kamis (27/10/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek ini menjelaskan resepnya. Ikan Dori dicampur dengan daging dan sedikit keju.

Untuk karbohidratnya menggunakan beras merah, labu, kentang yang kita buat seperti roll cake. “Menu ini sangat cocok untuk keluarga dan balita serta sudah cukup gizinya, ” tuturnya.

Novita berharap Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek bisa menularkan dan mengubah mindset ibu-ibu di rumah untuk bisa memasak ikan lebih menarik.

Sehingga ada tampilan baru namun kandungan gizinya beragam, full dan tampilannya menarik. Dengan begitu bisa menggugah selera anak-anak untuk makan makanan bergizi.

“Secara otomatis kita bisa menekan angka stunting di Kabupaten Trenggalek dengan mudah,” pungkasnya. (nia/pr)