oleh

Puti Guntur Panen Raya Padi MSP Sambil Kenalkan si Tampan Sejati

-Berita Terkini-4 kali dibaca

PONOROGO – Tembang Jawa berjudul Ibu Pertiwi menyambut kedatangan Cawagub Puti Guntur Soekarno di Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Rabu (4/4/2018).

Di desa yang mayoritas penduduknya petani ini, Puti didaulat melakukan panen raya padi MSP (Mari Sejahterakan Petani) bersama petani setempat, serta dari desa lainnya di Babadan.

Acara panen raya ini juga dihadiri komunitas padi MSP, dan para pimpinan parpol pengusung pasangan Cagub-cawagub Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur, yakni dari PKB, PDI Perjuangan, PKS, dan Gerindra.

Panen raya padi MSP ditandai dengan pemotongan batang-batang tanaman padi yang bulir-bulirnya sudah menguning.

Menggunakan sabit dan bercaping, Puti didampingi Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistiyono, memotong padi. Para pimpinan parpol pengusung dan pendukung di Kabupaten Ponorogo juga ikut mendampingi Puti.

Puti mengatakan, upaya meningkatkan kesejahteraan petani dengan menanam bibit unggul sesuai dengan cita-cita kakeknya, sang proklamator kemerdekaan RI Bung Karno. Yakni menjadikan petani sebagai soko guru perekonomian di pedesaan.

“Ini juga sesuai harapan ketua umum kami, Ibu Megawati agar diciptakan bibit unggul padi,” kata Puti Guntur.

Akhirnya, melalui penelitian seorang kader Partai, Surono Danu, dihasilkan bibit unggul MSP yang sekarang sudah mencapai belasan seri

“Padi MSP ini tiap malai, bulirnya lebih banyak daripada padi umumnya. Bahkan seperti yang disampaikan Pak Bulyadi (seorang petani setempat) yang menanam padi MSP 14, panennya sampai 3 kali dalam setahun,” jelas cucu Presiden pertama RI Ir Soekarno tersebut.

Di sela acara, Puti juga mengenalkan progam Tampan Sejati yang dikhususkan untuk petani dan nelayan.

Tampan Sejati atau Petani-Nelayan Mapan Se-Jawa Timur sendiri adalah progam pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti, yang mendorong terciptanya petani-nelayan muda yang memiliki jiwa kewirausahaan.

“Kami juga menghubungkan produk-produk pertanian dengan teknologi, seperti halnya hari ini adalah panen raya padi varietas MSP,” ujarnya.

Dia berharap perkembangan pertanian dengan sokongan pasangan Gus Ipul-Puti nantinya bisa mewujudkan Jawa Timur lebih makmur.

Pada kesempatan itu, Puti secara simbolis menyerahkan bibit padi MSP kepada lima kelompok tani (poktan) di Babadan. Usai panen raya, warga dan seluruh parpol dan relawan kenduri bareng Mbak Puti. (goek)

rekening gotong royong