oleh

Program Tol Laut Harus Libatkan Pemerintah Daerah

pdip-jatim-sri-untari-1SURABAYA – Salah satu poin Nawacita pemerintahan Jokowi – JK adalah memiliki poros maritim yang kuat. Khusus di Jawa Timur, salah satu unsur poros maritim yakni tol laut bisa diwujudkan di kawasan pantai utara.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur, Sri Untari mengatakan, untuk mewujudkannya, diperlukan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Ketiga unsur itu, sebut Untari, harus merumuskan dan menyusun public policy yang mendekatkan pelayanan kepada masyarakat lewat tol laut.

Ketiganya harus melakukan rapat koordinasi untuk menghasilkan gagasan, pikiran yang kemudian hasilnya dipaparkan untuk dilakukan langkah dan strategi bersama dalam pengembangan kawasan di sekitar tol laut.

Pemkab yang ada di kawasan pantai utara Jawa Timur, bisa diminta untuk mengalokasikan dana APBD untuk pengembangan kawasan pelabuhan atau tol laut.

“Pemerintah daerah harus dilibatkan, karena mereka memiliki akses dan jalan. Jika semuanya bisa sinergi, kita akan bisa mendapatkan pengembangan ekonomi yang bagus,” ujarnya, Kamis (15/9/2016).

Sri Untari berharap dalam mewujudkan tol laut, para kepala daerah yang ada di Jawa Timur bisa bersinergi dengan partai. Bila sinergi ini terjalin dengan baik, akan semakin mempermudah apa yang dicita-citakan pemerintahan Jokowi – JK.

“Kami berharap PDI Perjuangan mampu memperoleh posisi Gubernur maupun Wakil Gubernur Jawa Timur di Pilgub Jatim 2018, agar bisa mewujudkan tol laut,” jelasnya.

Sekadar informasi, dalam program poros maritim, terutama tol laut yang digagas pemerintahan Jokowi – JK ini, tujuan program tol laut adalah terbentuknya jalur pelayaran niaga (secara imaginer) yang lancar, aman dan efisien  dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya dari Sabang sampai Merauke.

Output dari terselenggaranya pelayaran niaga yang lancar, aman dan efisien adalah perkara meratanya distribusi logistik. Yang berujung kepada pemerataan harga barang produksi. Secara tidak langsung, program tol laut juga akan mengubah karakter daerah konsumsi menjadi daerah produksi. (rad)