Pentas Seni Satu Dekade Sanggar Lidi, Kusnadi: Merekalah Duta Budaya Bangsa

Loading

SURABAYA – Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi mengapresiasi persembahan satu dekade Sanggar Lidi dalam Dharma Seni Untuk Negeri V, bertajuk ‘Gayatri’.

Menurut Kusnadi, para pelaku seni yang tergabung dalam Sanggar Lidi merupakan salah satu generasi yang mampu menjaga kesatuan NKRI melalui jalur kebudayaan.

Pesan semangat persatuan, lanjut dia, harus senantiasa tergelorakan di masyarakat. Tidak hanya sebatas disampaikan oleh politisi, aparatur negara, atu bahkan alat kelengkapan negara lainnya.

“Lakukan jugalah melalui jalan kebudayaan,” kata Kusnadi usai menyaksikan pentas seni yang berlangsung di Gedung Kesenian Cak Durasim, Surabaya, Rabu (19/10/2022).

Para pegiat seni dan budaya ini, lanjut Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim tersebut, adalah duta-duta budaya bangsa yang menyampaikan pesan melalui hiburan untuk mempertahankan kesatuan Indonesia.

“Pertunjukan malam ini sangat luar biasa, sepanjang pagelaran, saya lihat penonton tidak ada yang meninggalkan kursi. Prestasi yang luar biasa bagi Sanggar Lidi” katanya.

Apresiasi terhadap acara juga disampaikan Ketua LP2BN Jawa Timur, Ki Aris Sugito. Ia menaruh harapan yang besar kepada pemuda pemudi sanggar untuk tidak pernah lelah menyajikan karya seni yang bisa memberikan pengajaran bagi bangsa dan tanah air.

“Kami acungi dua jempol untuk penampilan tadi. Penampilan yg dari sisi artistik dan lainnya sangat baik. Semoga bisa terus mengangkat kebudayaan yang tontonannya bisa menjadi tuntunan,” pungkasnya.

Bendahara DPC PDI Perjuangan Lamongan, Fujika Senna didapuk sebagai pemeran Gayatri pada lakon dengan latar masa Kerajaan Singosari.

Sejumlah kepala daerah dan pimpinan DPRD dari berbagai kabupaten dan kota turut menyaksikan pementasan. (yols/hs).