oleh

Pemkot Blitar Lanjutkan Program Inovasi Teknologi

pdip-jatim-ilustrasi-teknologi-informasiBLITAR – Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar bertekad melanjutkan program inovasi teknologi pada agenda APBD Pro Rakyat Jilid 2. “Pemkot Blitar akan konsisten melanjutkan program yang dampaknya baik bagi rakyat, salah satunya adalah inovasi teknologi,” kata Samanhudi Anwar di Blitar, Senin (29/2/2016).

Menurut Samanhudi, beberapa keberhasilan program inovasi teknologi di Kota Blitar, yang pertama adalah keberhasilan membangun hampir 100% wilayah kota tercover jaringan internet. “Seluruh warga kota telah bisa mengakses internet secara gratis, dengan prasyarat situs porno dan sejenisnya tetap diblokir,” jelas wali kota yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar ini.

Keberhasilan kedua, lanjutnya, adalah seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Blitar telah mengakses internet sebagai jaringan informasi dan komunikasi aktif dengan publik.

“Kendati waktu tertentu, setiap PNS harus mempergunakan internet tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai pelayan publik dan administratur pemerintahan,” jelas Samanhudi.

Ketiga, Pemerintah Kota Blitar telah meraih penghargaan Smart Nation Award kategori Kota Kecil Terbaik IV Nasional dari City Asia. Penghargaan Smart Nation yang diprakasai City Asia, merupakan penghargaan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut, jelas Samanhudi, diberikan berdasarkan peringkat nilai kematangan suatu wilayah provinsi, kabupaten dan kota atas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan wilayahnya.

“Dari ketiga keberhasilan utama tadi, selanjutnya pemkot akan merumuskan beberapa kebijakan strategis terkait dengan program inovasi teknologi tersebut. Sasaran utamanya, dunia pendidikan, lingkup pemerintahan kota serta dunia kewirausahaan dan perdagangan,” papar Samanhudi.

Untuk lingkup pendidikan, tambah dia, pada akhir 2016 nantinya setiap siswa dan guru se-Kota Blitar telah mengganti buku tulis dengan gadget tablet. Pembagian tablet tersebut telah masuk dalam APBD Kota Blitar 2016.

Sedangkan lingkup pemerintahan kota, saat ini sedang dalam pembangunan lintas jaringan internet di 21 kantor kelurahan dan 3 kantor kecataman, serta seluruh kantor SKPD serta beberapa kawasan publik.

“Pemkot Blitar nantinya juga akan mengajak dan membina ratusan pelaku wirausaha agar memanfaatkan teknologi informasi, baik untuk penjualan, administrasi penjualan dan juga komunikasi aktif dengan para konsumennya masing-masing,” paparnya. (ven)