PDI Perjuangan Bakal Gelar Rakernas Akhir Tahun Ini

 222 pembaca

SEOUL – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, partainya berencana menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) pada akhir 2022.

Menurut Megawati karena pandemi covid yang dimulai awal 2020, pelaksanaan konsolidasi partai jadi agak terhambat. Sehingga rakernas yang seharusnya dilakukan pada 2021, misalnya, baru bisa dilaksanakan pada pertengahan 2022 ini.

Sehingga untuk rakernas tahun 2022, yang wajib dilaksanakan, harus dilaksanakan pada akhir tahun ini. Keputusan ini diambil seiring terus melandainya pandemi Covid-19.

“Kemarin sudah saya putuskan, karena kondisi pandemi sudah agak lumayan. Tapi mungkin juga dilaksanakan hybrid, nanti belum diputuskan. Jadi nanti kita gabung antara yang mestinya di tahun 2022, ini besok di akhir tahun 2022. Nah begitu,” kata Megawati di Seoul, Jumat (16/9/2022).

Soal masalah yang akan dibahas di rakernas, Megawati mengatakan, banyak sesi pembahasan rakernas dilaksanakan secara tertutup. Artinya bersifat internal dan bukan untuk konsumsi publik.

Presiden ke-5 RI ini mengakui, hal atau materi yang akan dibahas di internal itu pun pihaknya belum memutuskan. (Baca juga: Hadiri Pelantikan KomandanTe Jateng, Tekad Banteng Jatim Menangkan Pemilu 2024 Makin Bulat)

“Saya sebagai ketua umum yang akan memutuskan, bahwa oke yang paling penting rapat ini, dan rapat itu. Kalau ini nanti kita lihat perkembangan selanjutnya di luar bagaimana. Jadi kalau ditanya (materi yang dibahas dalam rakernas, red) sekarang, nanti deh. Sabar ya,” jawab Megawati kepada pewarta.

Saat ditanya wartawan mengenai kerja sama politik yang dijajaki PDI Perjuangan jelang pemilu 2024, Megawati mengatakan dia tahu semua pihak menantikan soal capres-cawapres yang akan diusung partainya.

Menurut Megawati, pihaknya bukan sombong, namun secara faktual partainya bisa mengajukan calon presiden-calon wakil presiden sendiri tanpa harus bekerja sama dengan partai politik lain.

Namun, dirinya juga menyampaikan bahwa ada hal yang bisa disampaikan ke publik secara terbuka, dan ada yang tidak. Untuk saat ini, PDI Perjuangan masih berkonsentrasi memperkuat soliditas internal. (goek/pr)

Tinggalkan Balasan