Pawai Pelangi Budaya Nusantara; Plt Bupati Probolinggo dan Ribuan Warga Arak-arakan Rayakan Kebhinekaan

 116 pembaca

KABUPATEN PROBOLINGGO – Ribuan masyarakat Kabupaten Probolinggo bergembira ria mengikuti pawai budaya bertajuk Pelangi Budaya Nusantara, Sabtu (20/8/2022). Pawai memperingati Hari Kemerdekaan RI diniatkan untuk menjaga kebhinnekaan negeri ini.

Suasana meriah terlihat di jalanan Kota Kraksan, Kabupaten Probolinggo. Ribuan masyarakat tampak memadati Kota Kraksaan tepatnya, saat menyambut Kraksaan Pawai Budaya tahun 2022 oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Pawai menyusuri rute sejauh 2,5 kilometer dimulai dari depan eks Kantor PMI Kabupaten Probolinggo dan garis akhir di pertigaan jalan depan Gereja Jawi Wetan Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan dilepas secara resmi oleh Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Nunung Timbul Prihanjoko, Forkopimda, dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Ribuan peserta yang tergabung dalam 49 peserta dari kategori OPD, pelajar dan desa atau kelurahan menampilkan beragam budaya dan kesenian yang ada di Indonesia. Mulai dari pakaian adat, profesi hingga sejarah perjuangan untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Untuk kategori pelajar dan desa atau kelurahan mendapat penilaian dari dewan juri yang terdiri dari Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo, Forum CSR dan Pokja Jurnalis Kraksaan. Nantinya masing-masing kategori akan diambil juara 1, 2 dan 3.

Kraksaan Pawai Budaya 2022 ini diawali dengan atraksi Marching Band Gita Wibawa Praja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Disusul dengan arakan bendera merah putih raksasa sepanjang 30 meter. Kemudian dilanjutkan dengan sejumlah OPD, pelajar hingga desa dan kelurahan.

Plt Timbul Prihanjoko mengatakan, Kraksaan Pawai Budaya ini digelar untuk menggugah masyarakat Kabupaten Probolinggo bahwa di Indonesia ini ada kebhinnekaan.

“Selain itu dalam rangka bagaimana menggairahkan kembali masyarakat setelah 2 tahun terdampak pandemi Covid-19. Ternyata sekarang sudah bisa memulai kegiatan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat,” kata Plt dari PDI Perjuangan ini.

Lanjut Timbul , ia mengaku sangat bersyukur karena antusias masyarakat terhadap Kraksaan Pawai Budaya ini sangat besar sekali. Selain itu partisipasi masyarakat juga sangat tinggi sekali.

“Kraksaan Pawai Budaya ini merupakan sebuah kegiatan agar ada relaksasi masyarakat untuk bisa bersama-sama menyambut dengan penuh kegembiraan dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini Plt Bupati Timbul hadir mengenakan pakaian adat Gorontalo. “Kita akan menjaga kebhinnekaan di Indonesia. Kita bersama-sama memakai pakaian adat seluruh nusantara dalam rangka menjaga kebhinekaan di Indonesia,” pungkasnya.(drw/hs)