oleh

Pak Kus: Alun-alun Tulungagung Layak Sebagai Lokasi Wisata

-Berita Terkini-56 kali dibaca

TULUNGAGUNG – Alun-alun Tulungagung jadi salah satu tempat yang menarik perhatian Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi.

Saat berkunjung ke Tulungagung akhir pekan lalu, hampir dua jam Kusnadi mengelilingi alun-alun yang jadi salah satu ikon Kabupaten Tulungagung.

Baca: Pantai Gemah, Bukti Nyata Multiplier Effect JLS

Bersama Bupati Tulungagung Syahri Mulyo dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Eva K Sundari, Kusnadi mengamati sudut-sudut alun-alun yang terdapat pagupon atau rumah burung merpati.

Sebagaimana taman-taman kota yang sangat rindang, alun-alun Tulungagung dilengkapi bangku-bangku, jalan setapak untuk refleksi, skatepark, arena outbond, gazebo, air mancur, dan kolam ikan,.

Di beberapa sudut alun-alun, Kusnadi sempat menikmatinya agak lama. Misalnya di pagupon, congklak raksasa berukuran besar dan terbuat dari batu kali, dan arena kalistenik, yakni olahraga yang murni menggunakan berat tubuh sebagai beban untuk latihan.

Baca juga: “Ini, Salah Satu Prestasi Bupati Kader PDI Perjuangan”

Menurut Pak Kus, sapaan Kusnadi, tidak salah jika alun-alun Tulungagung menjadi salah satu tujuan wisata. “Saya menilai ini sudah layak jadi salah satu destinasi wisata. Tentu fasilitasnya harus dijaga dan terus dikembangkan,” kata Kusnadi.

Pria yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur ini menilai Alun-alun Tulungagung yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar ini layak jadi tempat wisata, karena ada beberapa fasilitasnya yang tidak dijumpai di tempat lain.

Seperti pagupon-pagupon merpati, di mana pengunjung bisa memberikan makanan berupa remah-remah roti atau biji-bijian untuk burung yang terlihat jinak ini.

“Ini juga ada alat permainan kuno, yang sekarang hampir punah, congklak,” ujar Pak Kus, sambil mengamati alat permainan dakon raksasa terbuat dari batu kali utuh.

Sementara itu, Bupati Syahri Mulyo mengatakan, Alun-alun Tulungagung pernah menyabet penghargaan sebagai Taman Kota Terbaik Tingkat Nasional 2012.

Baca juga: Pak Kus: Warkop Cethe Tulungagung Luar Biasa

Bupati yang juga kader PDI Perjuangan ini juga menyatakan, saat ini alun-alun tersebut jadi ‘landmark’ dan ikon Tulungagung yang wajib disinggahi wisatawan yang berkunjung ke Tulungagung.

Di kabupaten ini, banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, baik wisata pantai, wisata desa dengan produk khas, peninggalan sejarah, serta yang lainnya. Alun-alun Tulungagung bisa jadi alternative tempat singgah di sela mengunjungi lokasi-lokasi wisata tersebut. (goek)