Nadia Bafaqih Raih Penghargaan Aktivis Pergerakan Terinspirasi 2022 dari Ruang Publik Sidoarjo

 1,782 pembaca

SIDOARJO – Kader PDI Perjuangan Sidoarjo, Nadia Bafagih meraih penghargaan dari sebuah lembaga bernama Ruang Publik Sidoarjo (RPS), sebagai aktivis pergerakan terinspirasi tahun 2022.

Penghargaan diberikan oleh RPS kepada sejumlah warga atau tokoh masyarakat Sidoarjo yang dinilai inspiratif di bidang masing-masing. Di antaranya kategori tokoh masyarakat inspiratif, aktivis pergerakan terinspiratif, dan juga legislator terinspiratif.

RPS menilai Nadia Bafagih konsisten dalam kegiatan-kegiatan pendampingan terhadap masyarakat dan berkontribusi kepada lingkungan. Untuk advokasi kepada masyarakat, Nadia kerap melakukan pendampingan kepada para siswa yang ijazahnya “ditahan” pihak sekolah karena ketidakmampuan membayar.

Sementara kontribusi terhadap lingkungan, Nadia yang juga Wakil Ketua Bidang Pangan, Pertanian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan DPC PDI Perjuangan Sidoarjo dinilai berperan dalam program pengolahan sampah dengan menginisiasi bank sampah di Kawasan Gading Fajar.

“Terima kasih atas kepercayaan (penghargaan) yang telah diberikan,” kata Nadia.

“Saya cukup beruntung selalu mendapatkan dukungan penuh dari pak Bambang Riyoko (Wakil DPRD Kabupaten Sidoarjo), dan DPC Sidoarjo ketika membutuhkan bantuan,” katanya.

Nadia berharap, pihak-pihak terkait yang berkecimpung dalam ranah advokasi untuk lebih memperhatikan lagi kondisi masyarakat, khususnya pada persoalan kekerasan dialami perempuan. “Penanganan terhadap perempuan yang menjadi korban kekerasan harus lebih mendapatkan atensi dari semua pihak,” katanya.

Sementara itu, Ketua RPS, Sujani menjelaskan, tujuan pemberian award di akhir tahun 2022, sebagai pendorong motivasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sidoarjo agar saling bekerja sama dalam pembangunan.

“Tidak hanya dalam segi prestasi, melainkan juga dalam segi sosial kemasyarakata,” kata Sujani dalam acara pemberian penghargaan yang berlangsung di Yussar Fishing end Playground, Jl Gagak Sifat, Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Rabu (26/12/2022) malam. (ian/hs)