MoU Diteken, Gus Yani: Indomaret Pajang Produk Mamin UMKM Gresik

Loading

GRESIK – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani minta setiap Indomaret di Gresik menyediakan etalase khusus produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) warga Gresik. Utamanya produk makanan dan minuman.

“Setiap Indomaret harus ikut memasarkan produk UMKM dengan menyediakan etalase khusus,” kata Gus Yani.

Kerja sama dengan Indomaret ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken Gus Yani didampingi Wabup Aminatun Habibah, dengan Kepala Indomarko Cabang Gresik, Veronika, Selasa (23/3/2021).

Bupati milenial itu mengatakan, produk UMKM yang dijual di toko modern dipastikan sudah memiliki izin lengkap. Mulai merk, BPOM hingga label halal.

Selain fokus pengembangan produk UMKM, Gus Yani juga minta masalah penyerapan tenaga kerja dimaksimalkan. “Penyerapan tenaga kerja lokal harus dimaksimalkan, jangan jauh-jauh,” ujarnya.

Diluar produk mamin, Gus Yani sudah berkomunikasi dengan daerah lain untuk kolaborasi. Misalnya, produk batik, songkok dan akan dipromosikan ke daerah lain.

“Seperti Surabaya dan Sidoarjo, kami bersepakat kolaborasi saling memasarkan produk UMKM,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Cabang Indomarko Gresik, Veronika, menyebut akan menyediakan etalase untuk produk UMKM Gresik. Namun, harus melewati seleksi dan sesuai dengan kriteria.

“Mulai merk, kemasan, halal, BPOM. Kurang lebihnya sama dengan produk lain,” jelasnya. (mus)