Made Nilai Koperasi Penting untuk Wujudkan Kemandirian Ekonomi

 35 pembaca

MALANG – Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengatakan bahwa jiwa koperasi cocok dengan keseharian bangsa Indonesia.

Menurutnya jiwa koperasi merupakan sistem ekonomi yang sesuai dengan spirit dan nilai luhur bangsa Indonesia berdasarkan gotong-royong, kebersamaan, kekeluargaan, musyawarah, dan mufakat.

“Koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa berlandaskan semangat tolong-menolong dan gotong-royong dalam mewujudkan kemandirian ekonomi, sangat penting untuk membangun kemandirian bangsa saat ini,” kata Made, saat diwawancarai terkait Hari Koperasi Nasional ke-74, Senin (12/7/2021).

Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, terang Made, Koperasi menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan dari krisis. Hal tersebut dikarenakan koperasi berdiri berdasarkan asas kekeluargaan sehingga masing-masing anggota di dalamnya memiliki keterikatan, rasa kepemilikan, dan kepedulian yang kuat.

“Sudah terbukti di tengah pandemi, usaha koperasi inilah yang bisa menyelamatkan perekonomian Indonesia,” tegasnya.

Baca juga: Agar Berkembang di Era Digital, Untari: Beri Kesempatan Milenial Jadi Pengurus Koperasi

Dengan tema Hari Koperasi Nasional tahun 2021 ini “Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat,” menurut dia sudah sangat sesuai dengan kebutuhan koperasi di Indonesia saat ini.

Untuk mengembangkan koperasi lebih besar lagi, dibutuhkan inovasi-inovasi berdasarkan perkembangan zaman dan teknologi.

Sehingga koperasi dapat membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial.

“Karena itu koperasi harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Ini diperlukan agar koperasi tidak ketinggalan zaman,” terangnya.

Sebagaimana amanah Bung Hatta, ungkap Made, bahwa Koperasi sebagai sebuah usaha bersama Bangsa Indonesia untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan kegotongroyongan. Atas dasar tersebut, koperasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem perekonomian Indonesia.

“Dari sini jelas tujuan koperasi, yakni mensejahterakan anggotanya. Juga sebagai kekuatan dan ketahanan ekonomi  nasional,” ujar Made.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang ini meyakini, dengan semangat kekeluargaan berdasarkan semangat gotong-royong itu, koperasi bisa semakin maju dan menjadi pelopor bagi kemandirian bangsa dan kejayaan Indonesia.

Secara pribadi dirinya berharap Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) yang saat ini dipimpin Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno dapat membawa koperasi Indonesia semakin maju.

“Semoga ke depan di bawah kepemimpinan Ibu Dr. Sri Untari Bisowarno, koperasi Indonesia dapat semakin maju dan semakin bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (ace/pr)