Lomba Masak Resep Mustika Rasa di SLG Kediri 17 Juli, Pendaftarnya Sudah 350 Lebih

 307 pembaca

KEDIRI – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri menyatakan kesiapannya ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan lomba masak resep Mustika Rasa di Simpang Lima Gumul (SLG) pada Minggu (17/7/2022) depan.

Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Pendiwan mengatakan, persiapan lomba memasak masakan Nusantara dalam buku resep Mustika Rasa secara teknik sarana dan prasarana sudah mencapai 75 persen.

“Tinggal kita di hari Rabu 13 Juli 2022, ada technical meeting untuk para peserta. Saya rasa semua persiapan kita nanti akan tercapai sesuai ekspetasi yang diharapkan,” terang Pendiwan, di kantor DPC Kabupaten Kediri, Senin (11/7/2022).

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kediri yang juga ketua panitia penyelenggara lomba memasak Mustika Rasa ini mencatat sudah ada sekitar 350 lebih peserta yang telah mendaftar. (Baca juga: Jadi Juri Lomba Sajian Kuliner ‘Mustika Rasa’, Dewanti Takjub Masakan Olahan Peserta)

Pihaknya menargetkan 400 lebih peserta. “Pendaftaran kita buka saampai 11 Juli 2022. Kalau pelaksanaan acaranya pada hari Minggu 17 Juli 2022,” ujarnya.

Lomba memasak Mustika Rasa diselenggarakan di area Simpang Lima Gumul. Menurutnya, kegiatan ini merupakan acara DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur dalam rangkaian memperingati Bulan Bung Karno.

Ketentuan yang harus ditaati bagi peserta lomba, beber Pendiwan, di antaranya satu tim terdiri dari 4 orang. Sebelum lomba memasak dimulai, pukul 06.00 wib, peserta wajib terlebih dahulu mengikuti senam Sicita (Senam Indonesia Cinta Tanah Air).

Menu yang dilombakan adalah masakan sesuai resep dalam buku Mustika Rasa. Semua bumbu menggunakan cita rasa selera Nusantara, tidak ada bumbu menu masakan dari luar.

“Lebih mengedepankan masakan bumbu tradisional yang ada di Indonesia. Itu bumbunya ribuan macam, dan sudah kita siapkan. Nanti kita berikan ke peserta,” terang Pendiwan.

Ratusan peserta yang mengikuti lomba memasak Mustika Rasa terdiri dari beragam profesi. Baik dari kalangan profesional restoran, kelompok partai, pelajar serta komunitas pecinta kuliner.

“Kita perkirakan ada juga peserta dari luar kota. Yang membuat peserta antusias ikut lomba ini, mungkin karena selama 2 tahun ini event di lingkup tingkat kabupaten maupun Provinsi Jawa Timur tidak ada karena pandemi,” sebutnya.

“Yang kedua mungkin dengan besarnya hadiah. Yakni 3 hadiah utama berupa sepeda motor, masih ada kulkas, TV, magicom dan masih banyak lagi,” sambung dia.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Murdi Hantoro menambahkan, dia berharap dengan adanya kegiatan lomba ini akan muncul potensi juru masak yang andal.

Pelaksanaan lomba memasak Mustika Rasa rencananya akan dibuka secara langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur Kusnadi.

Diketahui, buku resep Mustika Rasa disusun oleh pemerintah Indonesia atas inisiasi Presiden pertama RI Soekarno dan diterbitkan pada 1967. (putera/pr)