oleh

Legislator Surabaya Awasi Perubahan Desain Hotel Depan Gedung Negara

Ketua Komisi B DPRD Surabaya

SURABAYA – Legislator DPRD Kota Surabaya mengawal perubahan desain Hotel Amaris di Jalan Taman Apsari yang menghadap langsung ke Gedung Negara Grahadi.

Perubahan desain sesuai usulan anggota Komisi C DPRD Surabaya itu sudah dijanjikan pihak manajemen hotel.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat dengar pendapat (hearing) dengan manajemen dan Pemkot Surabaya membicarakan perubahan desain Hotel Amaris.

Sebagai salah bangunan pencakar langit yang berada di pusat kota, sebut Syaifuddin, bangunan hotel harus disesuaikan dengan kondisi yang ada di sekitarnya. Salah satunya gedung Grahadi yang berada di sebelah utara hotel.

“Kami minta desainnya diubah untuk menyesuaikan kondisi yang ada di sekitarnya. Pihak manajemen sudah menyetujuinya. Tapi kami akan kawal terus perubahan desain itu,” kata Syaifuddin Zuhri, kemarin.

Seperti diketahui, lokasi hotel berlantai 16 plus dua basement ini berada tepat di depan Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo yang diketahui tidak pernah sepi dari kegiatan pemerintahan.

Keberadaan hotel yang bisa diakses oleh publik ini bisa menjadi lokasi yang paling strategis bagi seluruh pengguna jasanya karena berada di pusat kota.

Namun di sisi lain, hotel ini bisa juga menjadi sebuah ancaman soal keamanan karena kegiatan di gedung Negara Grahadi bisa terlihat jelas dari berbagai sudut hotel, apalagi di posisi lantai atas.

Menurut Ipuk, sapaan Syaifuddin Zuhri, sesuai rencana awal seluruh bangunan akan ditutup oleh kaca. “Tapi kami minta agar kaca itu diganti dengan blocking atau ditutup saja. Tujuannya ada sirkulasi udara yang langsung masuk ke dalam hotel,” ujarnya.

Perubahan desain hotel juga diharapkan mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung. Dia juga menyarankan agar material blocking atau penutup yang digunakan merupakan bahan pilihan.

“Selain menyehatkan karena sirkulasi udara yang lancar, pengunjung juga bisa langsung melihat ke arah Grahadi,” ujar pria yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.

Sementara itu, Manager Hotel Amaris Syukur sebelumnya mengaku tidak mempermasalahkan usulan dari anggota Komisi C DPRD Surabaya tersebut. Syukur menegaskan, akan memenuhi rekomendasi itu.

“Tidak masalah kita akan memenuhinya saran dari anggota dewan,” kata Syukur kepada wartawan. Dia menegaskan, rencana perubahan desain hotel akan dilakukan secepatnya. (goek)