oleh

Legislator Banteng Kabupaten Pasuruan Gerakkan Warga Gotong Royong Normalisasi Sungai Kedungaron

-Legislatif-97 kali dibaca

KABUPATEN PASURUAN – Mengantisipasi bencana banjir yang kerap terjadi, legislator PDI Perjuangan asal Kecamatan Beji, Arifin, mengajak warga bergotong royong membersihkan aliran sungai. Pendangakalan sungai ini menjadi salah satu faktor meluapnya air ke pemukiman warga.

Gotong royong ini dilakukan serentak di Desa Beji, Desa Gajahbendo dan Kelurahan Pagak. Gotong royong yang juga dihadiri Muspika Beji ini difokuskan pada upaya normalisasi aliran Sungai Kedungaron yang setiap musim hujan merendam pemukiman di Desa Kedungboto dan Gelanggang.

“Kami mendorong warga untuk bergotong royong membersihkan dan menormalisasi sungai. Harapannya, agar bisa mengantisipasi bencana banjir yang kerap terjadi,” kata Kaji Arifin, panggilan akrabnya, Kamis (20/5/2021).

Wakil Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan ini menyatakan, Sungai Kedungaron tersebut merupakan kewenangan dari Pemprov Jatim. Namun sebagai upaya antisipasi dan mitigasi bencana, normalisasi bisa dilakukan secara swadaya.

“Kewenangan Sungai Kedungaron ada di Pemprov Jatim. Inisiatif normalisasi sungai ini sebagai bentuk pencegahan bencana banjir,” tandasnya.

Ia berharap, Pemprov Jatim memprioritaskan penanganan dan normalisasi aliran sungai secara komprehensif. Selain itu, ia juga meminta warga juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan sungai, diantaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan. (ian/hs)