oleh

Kusnadi: Ramadhan Momen Kukuhkan Persatuan dan Kebersamaan

-Headline-64 kali dibaca

SURABAYA – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi mengatakan, bulan Ramadhan 1443 Hijriah jadi momentum untuk menjaga kebersamaan bagi anak bangsa, khususnya warga di Provinsi Jatim.

Ajakan untuk lebih mengukuhkan persatuan dan mencegah perselisihan ini dia sampaikan seiring penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah atau awal dimulainya ibadah puasa bagi kaum Muslim di tanah air, pada Minggu (3/4/2022).

Penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Jumat (1/4/2022) sore.

“Kami, keluarga besar PDI Perjuangan Jawa Timur, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1443 Hijriah kepada saudara-saudara Muslim yang menjalankannya,” ucap Kusnadi di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim di Surabaya, Sabtu (2/4/2022).

“Mari bulan penuh rahmat dan ampunan ini kita jadikan momen untuk tetap menjaga persatuan dan kebersamaan di antara umat beragama, maupun antar elemen lainnya,” ajaknya.

Baca juga: “Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa…”

Dia mengakui ada yang sudah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan mulai Sabtu hari ini. Menurutnya, perbedaan dimulainya awal Ramadhan di republik ini adalah suatu keniscayaan dan bukan sebuah persoalan mendasar.

Politisi yang juga Ketua DPRD Provinsi Jatim ini pun mengingatkan pentingnya saling menghormati perbedaan dan menghilangkan rasa ego demi pelaksanaan ibadah puasa yang khusyu serta damai. Karena, tuturnya, perbedaan itu akan membawa rahmat.

Jadi, jelas Kusnadi, perbedaan yang membawa rahmat itu sudah seyogianya dimaknai dengan saling melengkapi, membangun dan memperbaiki.

Bukan malah jadi perpecahan, yang kalau dikembalikan dalam konteks kebangsaan, menjadi Bhinneka Tunggal Ika, berbeda tetapi menuju satu tujuan.

Terkait pandemi Corona yang belum berakhir meski kasusnya terus melandai, Kusnadi pun mengingatkan masyarakat yang belum mengikuti vaksin segera mendatangi sentra vaksinasi.

“Termasuk yang belum booster. Karena selain melindungi diri, vaksin juga dapat melindungi orang lain, termasuk keluarga kita,” tuturnya.

Apalagi bagi warga perantau, sebut Kusnadi, diperkirakan jutaan orang akan pulang kampung ke berbagai daerahnya masing-masing jelang Lebaran.

“Vaksinasi sangat penting, dan tetap jaga protokol kesehatan,” pungkas Kusnadi. (goek)