oleh

Kunjungan ke Pemkot Probolinggo, Legislator Banteng DPRD Jatim Pastikan Penyederhanaan Birokrasi

-Legislatif-31 kali dibaca

KOTA PROBOLINGGO – Empat anggota Fraksi PDI Perjuangan di Komisi A DPRD Provinsi Jatim melakukan kunjungan ke Pemkot Probolinggo. Kunjungan pada Jumat (18/6/2021) terkait penyederhanaan struktur organisasi atau birokrasi.

Para wakil rakyat tersebut adalah Yordan M Bataragoa, Diana Amaliyah Verawatiningsih, Gunawan HS dan Bambang Juwono. Mereka disambut Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan dan sejumlah kepala OPD.

Rapat di ruang Puri Manggala Bhakti itu membahas penyederhanaan struktur organisasi di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Rapat tersebut tak lain perihal implementasi dari Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2021 Tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi. Dan, dan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional.

Menurut Yordan M Batara-Goa, kunjungan memang terkait penyederhanaan struktur organisasi. Pihaknya memastikan jika Pemkot Probolinggo sudah melaksanakan aturan tersebut.

Penyederhanaan Birokrasi juga merupakan bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Kunjungan ini memang untuk memastikan sejauh mana implementasi Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2021 Tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi khususnya di Kota Probolinggo,” jelas Wakil Sekretaris Bidang Eksternal DPD PDI Perjuangan Jatim ini.

Setelah dilakukan koordinasi, Pemkot Probolinggo sendiri sudah mulai melakukan penyederhanaan. Dari jumlah seksi atau sub bidang sebanyak 197 kini menjadi 174.

“Seperti yang tadi disampaikan Assisten Pemkot Probolinggo, penyederhanaan struktur organisasi sudah dilakukan. Hal ini tentu akan membuat organisasi lebih ramping dan efisien,” tambahnya. (drw/hs)