Kontes Bandeng Berhadiah Umroh, Bupati Gresik: Perkuat Spirit Budidaya Bandeng

 40 pembaca

GRESIK – Juara kontes bandeng kawak di Kabupaten Gresik dimenangkan oleh Syafullah Mahdi, petani tambak asal Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah.

Bandeng milik Syafullah Mahdi memiliki berat 18,04 kilogram. Bandeng jumbo tersebut telah dipelihara selama 12 tahun di lahan tambak Gresik utara itu.

Sementara juara dua dengan berat bandeng 8,7 kilogram dan panjang 78 centimeter. Bandeng tersebut milik Rozikin warga Ujungpangkah.

Sedangkan untuk juara tiga bandeng milik M Sobih asal Desa Tajung Widoro, Pulau Mengare, Kecamatan Bungah memiliki berat 8,1 kilogram dan panjang 74 centimeter.

“Karena bandengnya luar biasa dari tahun-tahun, kita tambahkan hadiah umroh ya untuk masing-masing juara satu, dua, tiga dan harapan satu ya,” kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat kontes bandeng yang dipusatkan di Alun-alun Gresik, Kamis (28/4/2022) malam.

Bupati dari PDI Perjuangan ini mengaku kagum dengan bandeng-bandeng yang ikut kontes tahunan itu, menurut dia pagelaran pasar bandeng salah satunya bertujuan untuk menguatkan spirit budidaya bandeng oleh petambak di Gresik.

Selain menerima hadiah umroh dari Bupati Gresik, juara satu mendapatkan hadiah uang senilai Rp15 juta, juara dua Rp10 juta, sementara juara tiga Rp5 juta.

Diketahui, proses kontes bandeng kawak sempat molor dari jadwal. Karena, sebelum acara dimulai Gresik diguyur hujan lebat hingga menyebabkan acara tersebut molor lebih dari satu jam. (mus/hs)