oleh

Ketua DPRD Minta Pemkot Surabaya Evaluasi Tim Hukumnya

SURABAYA – Ketua DPRD Surabaya Armuji menyarankan Pemerintah Kota Surabaya mengevaluasi tim hukum-nya agar memiliki kekuatan baru dalam melakukan pembelaan.

Kalau perlu, kata Armuji, tim hukum yang selama ini menangani perkara yang melibatkan pemkot, diganti.

Saran ini disampaikan Armuji, untuk menyikapi kekalahan beruntun yang dialami Pemerintah Kota Surabaya dalam persidangan perkara perdata terkait aset negara.

Legislator yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini, kekalahan berkali-kali yang dialami Pemkot Surabaya harusnya menjadi pelajaran agar tidak kalah lagi dalam proses selanjutnya.

Oleh karena itu, dia mengusulkan pemkot untuk mengganti tim hukumnya dengan menganggarkan dana APBD.

“Kami mengusulkan agar mengganti tim hukum dari luar yang lebih profesional,” kata Armuji, kemarin. (Baca: Risma Bentuk Tim Penyelamat Aset Lintas Instansi)

Dalam mempertahankan aset, lanjut dia, Pemkot Surabaya tidak perlu ragu mengeluarkan dana karena nilai aset yang dipertahankan juga tidak sedikit.

Selain itu, DPRD Surabaya akan terus mendukung upaya pemkot untuk mempertahankan aset-aset yang sedang dalam proses perkara dengan berbagai pihak.

“Saya harap aset-aset lainnya segera diamankan sebelum terjadi sengketa dengan pihak lain lagi,” ujar legislator yang sudah menjadi anggota dewan empat periode ini.

Sementara itu, terkait tidak diterimanya gugatan pemkot terhadap investor Pasar Turi, Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya Adi Sutarwijono berharap hal itu harus dijadikan pembelajaran untuk kasus-kasus lainnya.

Baca juga: Selamatkan Aset Negara, Risma Lapor ke KPK

Pasalnya, sebut Adi, aset pemkot sangat banyak dan mempunyai sejarah. “Perebutan aset selalu muaranya pada pembuktian,” ucap Awi, sapaan Adi Sutarwijono.

Menurutnya, pemkot harus menyiapkan bukti yang kuat agar tidak kalah di pengadilan. Karena, aset pemkot itu rekam jejaknya beraneka macam.

“Ada yang dari peninggalan Belanda sampai tanah klaim,” ujar pria yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini. (goek)

rekening gotong royong