oleh

Ketua DPRD Jatim: Satukan Langkah Mencapai Target 70 Persen Warga Tervaksin

-Headline-88 kali dibaca

LAMONGAN – Kerja sama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim dan seluruh elemen masyarakat diperlukan untuk tercapainya target vaksinasi 70 persen jumlah penduduk.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi SH MHum saat menghadiri acara Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang digelar Komando Armada II TNI AL di Lamongan, Rabu (14/7/2021).

Menurut Kusnadi, semua elemen Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur termasuk Panglima Koarmada II Surabaya, secara kelembagaan mendapat penugasan dari presiden untuk pencapaian target vaksinasi 70 persen jumlah penduduk.

“Tentu untuk mengejar 70 persen penduduk Jawa Timur tuntas divaksin dalam waktu dekat agar mencapai herd immunity, kita bersama pemerintah daerah harus bersinergi dengan TNI dan Polri. Bersatu padu memadukan gerak langkah untuk melakukan percepatan vaksinasi,” kata Kusnadi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim ini menambahkan, Panglima Komando Armada II TNI AL mendapatkan tugas pelaksanaan vaksinasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau yang sulit dijangkau.

“Bahkan tugas mereka (TNI AL) tidak di wilayah Jawa Timur saja, akan tetapi seluruh wilayah Indonesia bagian tengah dan timur,” terang Kusnadi.

Kehadiran Kusnadi dan jajaran Forkopimda Jatim dalam acara tersebut, sebagai bentuk kebersamaan dalam menjalakan tugas dari pemerintah pusat.

“Juga membangkitkan rasa saling mengayomi, di saat masyarakat menghadapi suatu masalah, kita sebagai pemimpin tetap berada di tengah-tengah mereka, dan ini membuat semangat mereka menjadi hidup,” terangnya.

Selain itu, kata Kusnadi, ada semacam sugesti atau keyakinan tersendiri, bahwa semangat kebersamaan adalah obat untuk kesembuhan. “Kebersamaan ini kita yakini sebagai 50 persen dari obat bagi mereka yang sedang sakit,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Koarmada II, Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto menyampaikan, pihaknya bersama polri dan pemda saling bersinergi untuk pencapaian target 1 juta dosis per hari.

“Kita berkomitmen berkontribusi siap mendukung tugas-tugas kedepannya, khususnya untuk masyarakat maritim pesisir pantai serta kepulauan yang susah dijangkau. Nantinya kita juga akan menggunakan kapal untuk menjangkau pulau-pulau tersebut,” imbuh Iwan Isnurwanto.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi terkait vaksinasi anak usia SMP dan SMA untuk segera dilaksanakan.

“Saya berpesan kepada Bupati Lamongan, titip anak-anak SMP dan SMA yang akan dilakukan vaksinasi serta memberian dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan, para lansia juga agar segera dilakukan percepatan,” tandas Khofifah.

Untuk diketahui, Koarmada II menggelar vaksinasi di enam titik di Lamongan. Yakni di kantor Kecamatan Karnggeneng sebanyak 500 dosis, Kantor Kecamatan Laren 500 dosis, Kantor TPI/TPN Brondong 600 dosis, Kantor Balai Desa Sedayu Lawas 400 dosis, Ponpes Maslahul Huda Kandangsemangkon 300 dosis, dan kantor Desa Kemantren 700 dosis. (ak/hs)

Komentar