Inisiasi Wisata Baru di Lereng Kelud, Heri Setiawan Tanam Seribu Bibit Buah

 123 pembaca

KEDIRI – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Heri Setiawan menanam seribu bibit buah-buahan di Kawasan Penyangga Sungai (KPS) di area Perhutani, kawasan Desa Sempu, Kecamatan, Ngancar Kabupaten Kediri, Rabu (8/12/2021).

Heri mengatakan, penanaman bibit buah ini bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi para petani sekaligus rencana pembangunan destinasi wisata baru di lereng Gunung Kelud tersebut.

Sedikitnya 1.000 bibit buah jenis durian, apokat, dan manggis yang ditanam.

Penanaman dilakukan bersama unsur Pemerintah Desa Sempu, PMDH (Pembinaan Masyarakat Desa Hutan), serta Muspika setempat. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 4 jam, mulai pukul 6 pagi.

“Selain untuk penyangga sungai, lokasi tersebut akan kita buat destinasi wisata alam Sempu Exotic Park. Harapanya tanaman buah tersebut bisa dijadikan zona destinasi wisata. Dan hasilnya bisa dirasakan petani penggarap di wilayah KPS tersebut,” terang Heri.

Dia menyebutkan, bibit tanaman buah-buahan itu bantuan Dinas Lingkungan Hidup yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Sebelumnya memang sudah ada rencana, kebetulan kita bangun destinasi wisata alam kerja sama dengan Perhutani. Salah satu penunjang zona wisata ya termasuk tanaman buah-buahan, ” ujarnya.

Menurutnya, jika tidak ada kendala, destinasi wisata alam Sempu Exotic Park akan dibuka untuk umum pada awal 2022. (putera/pr)