oleh

Ini Skenario Pelebaran Jalan Raya Manyar Gresik

-Eksekutif-33 kali dibaca

GRESIK – Jalan Raya Manyar selama ini kerap menimbulkan kemacetan. Pemkab Gresik dan pihak-pihak terkait, kini, menyiapkan skenario pelebaran jalan tersebut.

Selama ini, Jalan Raya Manyar memiliki permasalahan yang komplek. Kemacetan yang ditimbulkan mulai dari exit tol Manyar dirasakan mulai pagi dan sore. Pemkab sudah berinisiatif memasang water barrier mulai depan Maspion.

“Kita sudah punya konsep ke depan. Karena semua harus dilandasi dengan kajian,” kata Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, Minggu (9/5/2021).

Skenario pelebaran jalan raya Manyar, menurut Bupati, menyusul kajian yang dilakukan pihaknya bersama pihak-pihak terkait Jumat kemarin. Kajian itu melibatkan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), Dinas Perhubungan dan OPD terkait. Membahas ruas Jalan Raya Manyar mulai dari exit tol Manyar sampai Sadang, masuk dalam Perpres 80.

Disampaikan, rencana pelebaran sejauh 3,1 kilometer mulai exit tol sampai Sadang. Lahan dimiliki oleh ruas jalan atau daerah milik jalan (Damija).

Jalan kurang lebih sepanjang satu kilometer mulai exit tol Manyar sampai Jembatan Manyar, sebetulnya bisa dilebarkan.

“Kita harus dasari dengan perencanaan, sebelum Agustus sudah selesai. Bulan Agustus sudah masuk Musrenbangnas,” ungkapnya.

Untuk jangka pendek, rapat koordinasi akan berkelanjutan mencari solusi mengurasi kemacetan. Mengingat Jalan Raya Manyar itu melintasi kawasan industri Maspion dan sebagainya.

“Rekayasa lalu lintas jalan raya manyar harus dilakukan agar tidak sampai macet begitu parah,” imbuh Bupati milenial tersebut.

Kepala Bidang Keterpaduan Infrastruktur Jalan, Oktaviano Dewo Satriyo Purbo pada pembahasan usulan pembahasan 2022. Pelebaran jalan satu kilo dulu. 

“Mungkin fokus pembahasan pelebaran satu kilometer dahulu mulai dari Exit Tol Manyar sampai Jembatan Manyar,” imbuhnya.

Jika kendaraan masuk di pintu timur Maspion, maka pintu keluar sisi barat, taman di bahu jalan dijadikan jalur lambat. 

Dinas Perhubungan dan Muspika Manyar akan segera bertemu dengan seluruh perusahaan yang akan dilintasi pelebaran jalan. (mus/hs)