oleh

Ini, Komitmen Gus Ipul-Mbak Puti terhadap Wisata Religi

-Berita Terkini-3 kali dibaca

TUBAN – Pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur punya komitmen kuat untuk menjaga situs-situs wisata religi di Jawa Timur.

“Menjaga dan mengembangkan wisata religi di Jawa Timur jadi salah satu program kebijakan penting saat kami memimpin provinsi ini,” kata Puti, usai ziarah Makam Syech Asmoroqondi yang juga ayahanda Sunan Ampel, di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Tuban, Selasa (21/3/2018).

Makam Syech Asmoroqondi menjadi salah satu tujuan para peziarah dari berbagai penjuru daerah jika mereka singgah ke Tuban.

lokasi makam berada di komplek masjid yang berdiri tegak dengan relief dan hiasan kaligrafi berusia ratusan tahun. Sejumlah peninggalan bersejarah seperti petilasan, gapura, dan cungkup makam masih kokoh berdiri sebagaimana aslinya.

Sebelum menuju lokasi makam, Puti mengambil air wudhu. Kemudian menuju gerbang gapura pertama, pintu masuk utama.

Tiba di lokasi makam, cucu Bung Karno itu lantas melakukan doa bersama warga masyarakat.

Setelah ziarah, Puti mengamati beberapa bagian kompleks bangunan. Dia terkagum atas terpeliharanya seluruh bangunan itu.

“Kondisi yang terawat ini membuat para peziarah menikmati dan betah di areal ini,” ujarnya.

Hanya bangunan masjid yang sudah mengalami renovasi, namun tidak mengurangi bentuk aslinya. Jendela, pintu dan langit-langit masjid dipenuhi lafadz arab berbentuk kaligrafi ukir kayu jati kuno.

Para peziarah meyakini masjid ini merupakan tempat yang mustajabah.

“Syukurlah Tuban mempunyai kekayaan religi ini. Kita, yang masih muda bisa mengenang bagaimana dahulu para pejuang iman Islam gigih menyebarkan agama di Jawa ini,” kata Puti.

Selain Makam Asmoroqondi, di Tuban juga memiliki Makam Sunan Bonang, salah satu dari Wali Songo, yang juga menjadi tujuan singgah para peziarah.

Warga Jawa Timur biasanya menjadikan Makam Sunan Bonang satu paket ziarah “Wali Lima”, selain Sunan Ampel di Surabaya, Syach Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri di Gresik dan Sunan Drajat di Lamongan.

“Berbahagia sekali warga Jawa Timur, dimana makam-makam pejuang Islam itu menjadi kekayaan rohaninya, yang setiap saat bisa dikunjungi,” ucapnya. (goek)